Ekonomi

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Pakpak Bharat Siap Bersinergi dengan BI


Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Pakpak Bharat Siap Bersinergi dengan BI
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Guna meningkatkan pemberdayaan sekaligus peningkatan kualitas perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat siap bermitra dengan Bank Indonesia (BI).
 
Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution MA didampingi Asisten Administrasi dan Pembangunan, Supardi Padang SP MM, Ka Bappeda Jalan Berutu MM dan Ka Bagian Bangekos Setda Iwan Taruna Berutu ST MSi saat menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Sumatera Utara 2019 di Grand Ballroom Hotel Adimulia, Medan.
 
“Ketika pengalokasian keuangan semakin terbatas karena beberapa prioritas mata anggaran untuk pembangunan kemasyarakatan dan tata kelola pemerintahan, maka strategi yang dilakukan adalah bersinergi dan menggandeng mitra untuk melakukan pemberdayaan dan membuat masyarakat semakin mandiri," tutur Pj. Bupati Pakpak Bharat seperti dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Minggu (08/12/2019).
 
Pernyataan PJ Bupati tersebut juga seiring dengan tema pertemuan tahunan ini, yaitu Sinergi, Transformasi, Inovasi Menuju Indonesia Maju, serta pesan Presiden Joko Widodo pada saat Rakor Forkopimda seluruh Indonesia di Sentul, Bogor, untuk bersinergi demi memajukan daerah.
 
Tahapan bersinergi ini sudah diawali oleh Pemkab Pakpak Bharat bersama Bank Indonesia dengan membuka cluster penanaman Cabai Merah di dua Desa pada Kecamatan STTU Julu, yaitu Desa Ulu Merah dan Desa Lae Langge Namuseng dengan total lahan seluas 10 Ha. 
 
“Pilihan jatuh kepada Cabai Merah, karena komoditas ini salah satu yang paling mempengaruhi dalam inflasi berdasarkan hasil rakor TPID (TIm Pengendalian Inflasi Daerah)," jelas Asren Nasution seraya menyampaikan bahwa fokus ditekankan pada pertanian karena sebahagian besar mata pencaharian penduduk di Pakpak Bharat adalah bertani dan juga mengupayakan agar kemitraan ini ke depannya juga akan ditingkatkan dengan komoditas gambir serta jagung.
 
Asren menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang ada, khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat, untuk terus mendukung pelaksanaan kemitraan ini karena terbukti efektif untuk menghadirkan masyarakat yang semakin mandiri secara ekonomi dan mampu bersaing di dalam kehidupan untuk mencapai kesejahteraan sebagaimana yang dicita-citakan.
 
Dalam pertemuan ini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Wiwiek Sisto Widayat memaparkan tentang kondisi ekonomi global, prospek ekonomi nasional serta pertumbuhan ekonomi di Sumut, termasuk peluang dan tantangan ke depan yang akan dihadapi.
 
Sementara itu Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, mengutip penuturan Presiden agar memperpendek birokrasi guna semakin menunjang iklim investasi di Sumut. “Lakukan evaluasi  untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi sembari semakin bersinergi sehingga Sumut akan berubah dan semakin bermartabat," tegas Gubsu.(BS09)
 

Tag:Bank IndonesiaEkonomiPakpak Bharat