Ekonomi

Taufik Bawezier: Produk Pelumas Dalam dan Luar Negeri Harus Diregister SNI


Taufik Bawezier: Produk Pelumas Dalam dan Luar Negeri Harus Diregister SNI
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Direktur Industri Kimia Hilir, Ditjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Taufik Bawazier menyebutkan banyak beredar di Indonesia pelumas atau oli yang belum memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk itu, pihaknya mengimbau agar produsen pelumas dalam negeri maupun luar negeri harus menerapkan SNI pada produknya.
 
"Untuk produsen pelumas atau oli dari luar negeri harus segera mendaftar untuk SNI jika tidak ingin terkena sanksi. Ya silakan kalau memang itu dibutuhkan, harus melalui register SNI-nya untuk masuk ke pasar," sebutnya dalam Seminar Engine Oil 2019 yang diselenggarakan oleh Pertamina Lubricants di Jakarta, awal pekan ini.
 
Dikatakan Taufik, Kementerian Perindustrian RI mendukung penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk pelumas otomotif. Dia menjelaskan bahwa tidak ada diskriminasi antara pabrikan pelumas dalam negeri dengan luar negeri. "Jadi tidak ada perbedaan tidak ada diskriminasi, mau dia pabrikan dalam negeri mau dia importir harus mendaftar SNI," jelasnya.
 
Taufik pun mengatakan akan menciptakan bisnis yang adil, jadi semua harus mendaftar. "Jadi ini adil, menciptakan fairness bisnis, jadi semua harus mendaftar SNI, kami tidak menghalangi pasar, aturan itu tidak menghalangi pasar," pungkasnya. (BS06)

Tag:Kemenperin RIOliPelumasProduk SNITaufik Bawezier