Jumat, 21 Februari 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Target Penyaluran Capai Rp325 Triliun di Tahun 2024, Pemerintah Secara Bertahap Tingkatkan Plafon KUR

Target Penyaluran Capai Rp325 Triliun di Tahun 2024, Pemerintah Secara Bertahap Tingkatkan Plafon KUR

Rabu, 22 Januari 2020 10:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi signifikan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional, di tengah ketidakpastian dan pelemahan perekonomian global. Untuk itu, kebijakan pengembangan UMKM diperlukan guna mencapai pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif dan berbasis ekonomi pasar yang adil. 
 
Menyadari peran strategis UMKM tersebut, Pemerintah secara bertahap meningkatkan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) selama 5 tahun ke depan dengan target penyaluran mencapai Rp325 triliun di tahun 2024.
 
“Kita ingin mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi, 60 persen PDB kita disumbangkan oleh UMKM. Jadi kalau mau pertumbuhannya tinggi, basisnya harus kita dorong tinggi,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir saat menyampaikan pidato kuncinya pada acara Sosialisasi Program KUR 2020, Selasa (21/01/2020), di Jakarta.
 
Peningkatan target penyaluran KUR ini diikuti dengan relaksasi kebijakan seperti peningkatan maksimum plafon KUR mikro dan peningkatan akumulasi plafon KUR Mikro. “Maksimum plafon KUR mikro semula Rp25 juta menjadi Rp50 juta per debitur. Untuk akumulasi plafon KUR Mikro sektor perdagangan juga meningkat dari Rp100 juta menjadi Rp200 juta. Perubahan kebijakan KUR ini telah berlaku sejak 2 Januari 2020,” ujar Iskandar.
 
Selain itu, menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kabinet Terbatas, suku bunga KUR diturunkan kembali menjadi 6%. Penurunan ini mengacu pada Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR. Kebijakan penurunan suku bunga tersebut diikuti dengan peningkatan penyaluran KUR sebesar 36% dibandingkan tahun 2019 menjadi Rp190 triliun pada tahun 2020.
 
Pencapaian Kebijakan KUR
 
Sejak disalurkan kembali dengan skema subsidi bunga pada Agustus 2015, total akumulasi penyaluran KUR sampai dengan 31 Desember 2019 telah mencapai Rp472,8 triliun disertai Non Performing Loan (NPL) yang relatif rendah sebesar 1,1%.
 
“Pada tahun 2019 ini saja,  target penyaluran KUR sebesar Rp140 triliun, dengan realisasi penyaluran sampai Desember 2019 telah mencapai sebesar Rp139,5 triliun atau 99,65% dari target,” tutur Iskandar.
 
Peningkatan tidak terjadi hanya pada nominal penyaluran KUR saja, namun UMKM penerima KUR juga meningkat pesat dari 2,4 juta debitur pada tahun 2014 menjadi 4,4 juta debitur pada tahun 2018. Adapun total akumulasi debitur penerima KUR dari Agustus 2015 sampai Desember 2019 telah mencapai 18,6 juta akad kredit atau sebesar 12,9 juta (berdasarkan NIK).
 
“Capaian ini menunjukkan bahwa penerima KUR didominasi oleh UMKM yang baru mengakses pembiayaan dari lembaga keuangan formal, bukan UMKM yang berulang,” ujar Iskandar. Selain itu, sejak ditetapkan target penyaluran KUR di sektor produksi (sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, konstruksi dan jasa-jasa) pada tahun 2017, pangsa penyaluran KUR di sektor perdagangan menurun, sementara pangsa KUR di sektor produksi terus mengalami peningkatan.(rel)
T#g:KURUKMUMKM
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Kemenperin Bakal Telurkan 2000 Pelaku Industri Kreatif Tahun 2020

    Beritasumut.com-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) serius memacu penumbuhan para pelaku industri kreatif di Tanah Air. Sebab, sektor strategis

  • 2 bulan lalu

    Plt Wali Kota Ingin Medan Punya Pusat Industri Kreatif

    Beritasumut.com-Sebagai ibu kota Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kota Medan membutuhkan pusat pemasaran produk-produk industri kreatif. Sarana ini

  • 2 bulan lalu

    Pelaku UMKM Pematangsiantar Terima Penghargaan Pramakarya

    Beritasumut.com-Pengusaha Kyan Ulos binaan Disnaker Pemko Pematangsiantar meraih penghargaan Paramakarya Tingkat Nasional bidang tenaga kerja. Peng

  • 2 bulan lalu

    Jalur Prestasi Bisa 30%, Mendikbud: Penerimaan Peserta Didik Baru 2020 Tetap Gunakan Sistem Zonasi

    Beritasumut.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan akan tetap menggunakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik

  • 2 bulan lalu

    Polres Pematangsiantar Tangkap Dua Pelajar SMA, Ternyata Kurir Sabu

    Beritasumut.com–Jeruji besi tak membuat pelajar SMA di Siantar ini gentar, buktinya dia malah kembali terlibat kasus narkoba. Pada Senin (09/

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.