Kamis, 24 Oktober 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Silaturahmi ke Kantor Dekranasda Sumut, Dekranasda Jabar Puji Kain Tenun Sumut

Silaturahmi ke Kantor Dekranasda Sumut, Dekranasda Jabar Puji Kain Tenun Sumut

Kamis, 04 Juli 2019 12:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com–Keistimewaan kain tenun dari Sumatera Utara (Sumut) mendapat apresiasi dan pujian dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat (Jabar). Terutama keunikan, warna dan keindahannya.
 
Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dekranasda Jabar Lina Ruzhanul Ulum ketika mengadakan kunjungan silaturahmi ke Kantor Dekranasda Sumut, di Jalan Sultan Iskandar Muda Nomor 272, Medan, Rabu (03/07/2019). Kedatangan Wakil Ketua Dekranasda Jabar dan rombongan disambut Wakil Ketua Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.
 
"Di Jabar jarang ada kain tenun, tidak sebanyak yang ada di Sumut, kain tenun dari Sumut lebih spesifik, lebih berwarna, lebih keren dan luar biasa. Setiap daerah itu pun punya corak yang berbeda-beda," ujar Wakil Ketua Dekranasda Jabar Lina Ruzhanul Ulum.
 
Lina pun mengetahui beberapa jenis kain tenun khas yang berasal dari Sumut, salah satunya kain Ulos. "Sepertinya seluruh Indonesia lebih mengenal Sumut dengan kain Ulosnya. Walau di Sumut tak hanya ada kain ulos, ada juga kain-kain khas Melayunya yang luar biasa, saya sangat tertarik dan juga sudah beli," terang Lina.
 
Bersama dengan Istri Sekretaris Daerah Jabar  Elly Rosita Karniwa, Kunjungan Dekranasda Jawa Barat kali ini adalah bersifat silahturahmi. "Kita mencari apa saja yang bisa dikolaborasikan antara Dekranasda Sumatera Utara dengan Dekranasda Jawa Barat, mungkin (pertemuan) tahap selanjutnya akan kita bahas apa yang bisa dibuat kerja sama, sebab  sepengelihatan saya ada beberapa hal menarik, untuk itu setelah saya  pulang dan melaporkan pada Ibu Ketua Dekranasda Jabar,  insya Allah setelah itu akan ada tindak lanjuti apa yang harus kita lakukan," ungkap Lina.
 
Menjawab keinginan melakukan kolaborasi tersebut, Wakil Dekranasda Sumut Sri Ayu Mihari  menyambut hal itu dengan penuh antusias. "Saya senang sekali sudah dikunjungi oleh ibu ibu ini, semoga kedepannya kita bisa sama-sama membangun Dekranasda kita ini," ujar Sri Ayu Mihari.
 
Sri Mihari Ayu pun menunjukan satu demi satu produk unggulan UKM binaan Dekranasda Sumut. "Ini Batik dan Songket terbaik dari perajin, dan sudah dipasarkan ke beberapa daerah," ujarnya, sembari menujukan kain songket.
 
Selain mengunjungi dan melihat lihat hasil kerajinan para UKM binaan, rombongan Dekranasda Jabar juga mengunjungi Galeri Songket & Tenun RR dan Deli Maya Sari Handicraft. Selain kain songket, pengurus Dekranasda Jabar juga memborong produk lain seperti tas serut, hiasan dinding, sandal dan tempat sepatu untuk buah tangan.(BS03)
T#g:DekranasDekranasdaIKMUKMekonomi kreatif
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Pasar Tiban Resmi Dibuka, Anne Avantie Ucapkan Terima Kasih atas Dukungan Pemprov Sumut

    Beritasumut.com-Pasar Tiban Karya Anak Negeri oleh Anne Avantie resmi dibuka untuk ketiga kalinya di Main Lobby Sun Plaza Medan, Jalan KH Zainul Ar

  • 4 minggu lalu

    Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Kesehatan Haji, Menag Minta Sosialisasi Isthithaah Lebih Masif

    Beritasumut.com-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir pada Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Kesehatan Haji 1440H/2019M, di Jakarta. Menag men

  • satu bulan lalu

    Buka Seminar UMKM Indomaret, Wabup Dairi Berharap Hasil Produksi Dairi Masuk Gerai Indomaret

    Beritasumut.com-Wakil Bupati (Wabup Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing SH membuka seminar UMKM yang diadakan oleh Indomaret Balai Budaya Sidikalan

  • 2 bulan lalu

    Wali Kota Medan Ingatkan UKM dan Koperasi Garap Potensi Ekonomi Digital Generasi Milenial

    Beritasumut.com-Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 Tingkat Kota Medan dimeriahkan dengan UKM Expo Kota Medan 2019 yang digelar di Taman Gajah

  • 2 bulan lalu

    Dua Koperasi Terima Izin Salurkan Gula Rafinasi, Pelaku UKM Diharapkan Dapat Harga Lebih Murah

    Beritasumut.com-Kabar gembira bagi pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) yang bergerak dalam bidang produksi makanan dan minuman di Kota Medan. Sebentar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.