Ekonomi

Sektor Perikanan Akan Jadi Salah Satu Unggulan Pakpak Bharat


Sektor Perikanan Akan Jadi Salah Satu Unggulan Pakpak Bharat
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Salah satu alternatif pengembangan ekonomi masyarakat di Pakpak Bharat yang cukup potensial dan berpeluang besar adalah dari sektor perikanan. 
 
“Saat ini mungkin masih dalam tahap pengembangan, tapi diprediksi mulai tahun ini dan seterusnya sektor perikanan diharapkan menjadi salah satu unggulan di Kabupaten ini, dan  BBI (Balai Benih Ikan) Cikaok menjadi pilar utamanya," ujar Bupati Pakpak Bharat Dr Remigo Yolando Berutu MFin MBA saat meninjau BBI Cikaok di Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, seperti dilansir dari laman resmi pakpakbharatkab.go.id, Minggu (26/02/2017).
 
Optimisme ini juga menjadi salah satu target peningkatan asli daerah. Bupati berharap dengan keberadaan BBI Cikaok yang semakin menunjukkan tren positif, akan dapat menstimuli masyarakat Pakpak Bharat ke depan berwirausaha dari sektor perikanan. 
 
“Dukungan juga telah disiapkan melalui permodalan yang disediakan Pemkab Pakpak Bharat sehingga masyarakat semakin terbuka peluangnya untuk meningkatkan perekonomian dari sektor perikanan. Saya juga telah membuka inspirasi  dan kreativitas dari Desa-desa di Pakpak Bharat untuk menjadikan hal ini sebagai salah satu peluang berusaha melalui Badan Usaha Milik Desa," sebut Bupati.
 
Bersama Sekretaris Daerah Sahat Banurea SSos MSi, Inspektur Kabupaten Budianta Pinem SE MSi dan Ka Bagian Humas Setda Kastro Manik SSos, Bupati mengamati perkembangan benih ikan dan terlihat kondisi yang begitu menggembirakan. “Kami juga sudah menjajaki peluang pasar di luar daerah dan bekerja sama dengan Dinas Koperasi untuk pemasarannya," sambung Plt Ka Dinas Pertanian Sunardi SP didampingi jajarannya dan Camat STTU Julu El Hidayat Berutu MAP.
 
Tidak tanggung-tanggung kesiapan Pemkab Pakpak Bharat untuk mengelola balai benih ini. Selain infrastruktur kolam yang terlihat modern dan menggunakan teknologi inovatif, turut dihadirkan juga tenaga ahli yang direkomendasikan dari Kementerian terkait sehingga keseriusan dalam pengelolaan BBI Cikaok terlihat begitu optimal.
 
Taufiq, tenaga ahli dari pusat tersebut memaparkan, dalam tahap awal bibit ikan yang siap jual berjumlah ratusan ribu ekor per hari. “Jika terus dilakukan pengembangan dan penambahan kolam-kolam baru, BBI Cikaok dapat menghasilkan jutaan benih ikan setiap harinya dan siap dipasarkan," jelasnya kepada Bupati Remigo. 
 
Menurutnya, bahwa hal yang paling mendukung proses ini adalah kualitas air tawar di BBI Cikaok termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia dan sangat cocok untuk peternakan ikan terutama jenis ikan Mas dan ikan Koi.(BS02)

Tag:BBI CikaokIkanPakpak BharatPerikanan