Ekonomi

Produk UKM Deliserdang Akan Dipromosikan ke Jakarta


Produk UKM Deliserdang Akan Dipromosikan ke Jakarta
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-PT Sarinah (Persero) Jakarta jalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang untuk mempromosikan dan  memasarkan produk unggulan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) Kabupaten Deliserdang  yang dijembatani oleh Kawasan Industri Medan (KIM) Persero, mengingat banyaknya produk unggulan dan kearifan lokal Deliserdang yang sesungguhnya berkualitas dan memiliki daya saing, tetapi belum seluruhnya mendapatkan   pemasaran ke berbagai daerah, seperti   tenunan, kuliner dan kerajinan (Handy Craft) lainnya.
               
Hal itu terungkap ketika Plt Bupati Deli Serdang  H Zainuddin Mars didampingi Kepala Dinas (Kadis) Koperasi H Tarmiji SH, Kabag Perekonomian Putra Jaya Manalu MM,  Sekretaris Perindag Zainal Abidin SE, Sekretaris Kominfo Sarjan Rambe Ssos dan Kabag Tupim Muna Lubis Ssos, menerima  audiensi Dirut KIM Persero Trisilo Ari Setyawan didampingi Direktur Pengembangan dan Opersaional Ilmi Abdullah bersama Direktor Of Retail Busines PT Sarinah Jakarta Lies Permana Lestari di ruang rapat Kantor Bupati Deli Serdang, Lubuk Pakam yang dilanjutkan  dengan peninjauan langsung berbagai produk UKM di pojok UKM Dinas Koperasi dan Dekranasda Deliserdang.
               
Menurut Director Of Retail Busines Sarinah Jakarta Lies Permata Sari, PT Sarinah yang memiliki visi dan misi untuk mendekatkan UKM dengan costumer/pembeli termasuk UKM yang ada di Deliserdang. "Produk unggulan maupun  produk kearifan lokal nantinya kita jadikan sebagai oleh-oleh nusantara, akan kita promosikan dan dipasarkan ke seluruh daerah di tanah air ini bahkan PT Sarinah juga bersedia membina UKM  yang memang produksi kerajinannya saat ini lagi trend di tengah-tengah masyarakat," kata Lies Permata Sari, Jumat (16/03/2018).
               
Lies Permata Sari juga mengingatkan  bahwa kiat suksesnya pelaku UKM adalah bila kualitas hasil produksinya benar-benar  terjamin, kwantitas bahkan rutinitasnya  sehingga pemasarannya terjaga dengan baik.
               
Plt Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars  mengatakan Pemkab Deliserdang menyambut baik kerjasama ini dan berharap dapat direalisasikan sesegera mungkin, seraya menginstruksikan kepada Organisai Perangkat Daerah (OPD) terkait agar kerjasama ini ditindak lanjuti, karena di Deliserdang ini memilki ribuan UKM dan pengrajin tetapi  pemasarannya belum terkordinir secara maksimal.
 
"Kita patut bersyukur Deliserdang saat ini  termasuk daerah yang tingkat perekonomiannya cukup tinggi dan  maju apalagi dengan kehadiran Bandara Kualanamu yang bertarap Internasional, tentu kemajuan ini harus pula mampu kita ikuti   terutama bagi pelaku UKM di daertah ini," ujar Zainuddin Mars.
               
Untuk mencapai harapan itu, dirinya juga mengingatkan kepada OPD terkait  agar lewat programnya terus melakukan pelatihan dan pembinaan bagi pengrajin dengan jumlah peserta yang besar dan merata sehingga mereka mampu  mengelola  sumber daya alam yang ada di  desanya masing-masing. "Dengan demikian  ke depan di setiap Desa akan memilki produk unggulan, sehingga kualitas, kuantitas maupun rutinitas produknya pun dapat terjamin," tegasnya.(BS05)

Tag:Pemkba DeliserdangUMKUMKMekonomi kreatif