Kamis, 12 Desember 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Presiden Jokowi Dorong Deregulasi Besar-besaran Untuk Kembangkan Industri E-Commerce

Presiden Jokowi Dorong Deregulasi Besar-besaran Untuk Kembangkan Industri E-Commerce

Rabu, 28 September 2016 15:01:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Seusai memimpin Rapat Terbatas tentang Peningkatan Citra Indonesia di Dunia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memimpin Rapat Terbatas mengenai Pengembangan Ekonomi Digital, yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/09/2016) sore.

Dalam pengantarnya Presiden Jokowi mengemukakan kecenderungan negara-negara besar yang mulai menggaungkan revolusi industri baru dengan basis pada ekonomi digital. Ia menyebutkan, hampir semua negara berbicara mengenai ekonomi digital.  Karena itu, Presiden menegaskan, Indonesia tidak boleh tertinggal, dan juga harus mengambil peran dalam tren perubahan itu.

Menurut Presiden, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi digital, dan memiliki potensi pasar ekonomi digital yang cukup besar karena memiliki jumlah penduduk 250 juta, dan 93,4 juta diantaranya adalah pengguna internet.

Ia menyebutkan, pada 2014 misalnya, jumlah penjualan melalui e-commerce di Indonesia mencapai 2,6 miliar dolar AS, dengan penetrasi hanya 0,6 persen dari total transaksi retail. Padahal, lanjut Presiden, e-commerce ini dapat membantu 56 juta UMKM yang menyumbang sekitar 55 persen PDB (Produk Domestik Bruto). Presiden  membandingkan dengan Tiongkok yang pengguna e-commerce-nya telah mencapai 30 persen dan menyumbang peningkatan PDB sebesar 22 persen.

Potensi pasar yang sangat besar itulah, tegas Presiden, yang tidak boleh ditinggal begitu saja karena diyakininya akan menjadi fondasi bagi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

“Untuk itu, saya minta segera dilakukan percepatan implementasi karena kalau tidak segera kita kejar kita akan tertinggal oleh negara-negara di sekitar kita,” tegas Presiden, seperti dilansir setkab.go.id.

Sebagai langkah awal, Presiden meminta harus dibangun channel antara sistem platform logistik dunia dengan produk-produk yang berada di kampung-kampung, yang berada di desa-desa. Dan pada saat yang bersamaan, lanjut Presiden, Indonesia juga harus mengambil peran langkah-langkah terobosan untuk memperkuat pelaku ekonomi digitalnya karena potensi anak-anak mudanya yang siap untuk masuk ke dunia ini.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar pelaku bisnis-bisnis pemula, startup untuk diprioritaskan dan difasilitasi dalam mendapat akses permodalan agar usahanya bisa tumbuh dan berkelanjutan.

“Lakukan deregulasi besar-besaran untuk mendukung berkembangnya industri e-commerce,” tegas Presiden seraya mengingatkan pentingnya ada pelatihan untuk pengembangan kapasitas, karena hal ini penting bagi pelaku pemula e-commerce sehingga akan semakin mampu bersaing di dunia bisnis.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga meminta Menteri Kominfo Rudiantara agar mempercepat jangkauan infrastruktur telekomunikasi, yang dibutuhkan oleh pelaku-pelaku e-commerce. Ia memberi contoh saat melihat di Alibaba, di Hangzhou, RRT, beberapa waktu lalu, dimana mereka betul-betul merajai dunia karena kepemilikan logistic platform dan juga retail platform yang betul-betul mereka sangat kuasai.

“Mau tidak mau, itulah juga yang harus kita miliki di Indonesia; logistik platform, retail platform yang apa, yang nantinya bisa menjadi prinsipal dan brand Indonesia sendiri,” tutur Presiden.(BS01)

T#g:E-CommerceE Commerceindustri kreatifMedia Sosial
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Ketum Dharma Pertiwi Ikuti Talkshow Industri Kreatif

    Beritasumut.com-Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny Nanny Hadi Tjahjanto, mendampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ny Angela Tanoe

  • 4 minggu lalu

    Ladara Indonesia Platform E-Commerce dari Dharma Pertiwi Diluncurkan

    Beritasumut.com-Dharma Pertiwi meluncurkan Laut Darat Udara (Ladara) Indonesia yang merupakan Platform E-Commerce untuk mewadahi hasil karya keraji

  • satu bulan lalu

    Ketum Dharma Pertiwi: Istri Prajurit TNI Harus Bijak Menggunakan Media Sosial

    Beritasumut.com-Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi menginstruksi kepada seluruh istri prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), harus bijak dalam m

  • 3 bulan lalu

    BUMDES MJ Bordir Unimed Bangun Strategi Pemasaran Berbasis E-Commerce

    Beritasumut.com-Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) MJ Bordir melakukan perubahan yang Fundamental pada strategi pemasaran dengan menggunakan strategi

  • 4 bulan lalu

    Wagub Sumut Dorong Tebing Tinggi Kembangkan Produk Kreatif

    Beritasumut.com-Kota Tebingtinggi memiliki potensi luar biasa di bidang industri kreatif. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi didoron

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.