Jumat, 18 Oktober 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Presiden Bersyukur Ekonomi Bisa Tumbuh 5,04 Persen

Presiden Bersyukur Ekonomi Bisa Tumbuh 5,04 Persen

Selasa, 08 November 2016 14:16:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukurnya pertumbuhan ekonomi sampai dengan triwulan III tahun 2016 sebagaimana dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (07/11/2016), telah tumbuh sebesar 5,04 persen, karena semula diperkirakan kurang dari 5 persen.

“Perkiraan kita di bawah 5, sedikit ternyata alhamdulillah bisa di atas 5 sedikit,” kata Presiden Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri apel prajurit TNI, di Mabes TNI AD di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, seperti dilansir setkab.go.id.

Presiden meyakini, pada triwulan keempat tahun 2016 pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi lagi mengingat biasanya di triwulan keempat itu penggunaan anggaran  mulai besar-besaran .

“Ya kita harapkan dengan triger dari realisasi pembayaran, realisasi penggunan anggaran itu akan bisa sedikit naik. Tapi kita harus tahu juga bahwa global ekonomi ekonomi dunia pada posisi yang terus-menerus turun. Itu yang harus dicatat,” tutur Presiden.

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, menyampaikan, bahwa perekonomian Indonesia yang diukur berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDB) atas dasar harga berlaku triwulan III-2016 mencapai Rp3.216,8 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp2.428,7 triliun.

“Ekonomi Indonesia triwulan III-2016 terhadap triwulan III-2015 (y-on-y) tumbuh 5,02 persen, melambat dibanding triwulan II-2016 yang tumbuh 5,19 persen,” kata Suhariyanto.

Dari sisi produksi, menurut Suhariyanto, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dimana pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 9,20 persen. Dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT sebesar 6,65 persen diikuti oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga dan Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto.

Dengan pertumbuhan pada triwulan III-2016 itu, menurut Kepala BPS, ekonomi Indonesia sampai dengan triwulan III-2016 (c-to-c) tumbuh 5,04 persen.(BS01)

T#g:inflasiperekonomianpertumbuhan ekonomi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Untuk Kedua Kalinya Deli Serdang Terima Penghargaan Natamukti

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di bawah kepemimpinan Bupati H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar tuai prestasi,

  • satu minggu lalu

    Deli Serdang Dapat Penghargaan TPID Kategori Teladan Tingkat Provinsi Sumut

    Beritasumut.com-Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein SSos mewakili Pemerintah Kabupaten Deli Serdang  menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera

  • 2 minggu lalu

    Gubernur Buka Rakor TPID se-Sumut 2019, Kendalikan Inflasi Seperti Menjaga Tensi

    Beritasumut.com–Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengibaratkan menjaga laju inflasi seperti mengendalikan tensi darah di tubuh m

  • 3 minggu lalu

    Walikota Medan Ajak Manfaatkan Revolusi Industri 4.0 untuk Majukan Perekonomian

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH mengungkapkan perekonomian di Indonesia, termasuk Kota Medan saat ini kurang membaik ak

  • 4 minggu lalu

    Musa Rajekshah Apresiasi Rapat TPID se-Sumatera di Sumut

    Beritasumut.com-Koordinasi dan sinergi semua pihak yang terkait sangat penting dalam upaya pengendalian inflasi. Tindakan pengendalian inflasi yang

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.