Minggu, 19 Februari 2017
  • Home
  • Ekonomi
  • Prediksi Pasar Real Estate Online Asia Tahun 2017

Prediksi Pasar Real Estate Online Asia Tahun 2017

Kamis, 12 Januari 2017 07:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Bisnis property.
Beritasumut.com-Tahun 2016 telah berlalu, lantas bagaimana nasib bisnis properti tahun 2017?Bagaimana peran penting teknologi dalam membentuk kultur baru dalam pasar real estate online di Asia?.
 
Kali ini, portal properti global Lamudi akan mengeksplorasi kemungkinan terbesar dan terkecil mengenai pasar real estate di negara berkembang di Asia dan melihat bagaimana internet mengubah pasar ini.
 
Penetrasi internet semakin tinggi di negara berkembang.Berdasarkan hasil survei tahun 2015, 50% dari pencari rumah di Pakistan kini telah menggunakan web real estate dan aplikasi untuk mencari properti idaman. Hal ini mungkin disebabkan oleh meningkatnya penetrasi internet di Pakistan. 
 
Tren serupa juga terlihat di Bangladesh, dan wilayah lain di Asia. Di Filipina, penetrasi internet berkembang 26% antara 2014 dan 2015, kini bahkan sudah lebih dari 45%. Peningkatan penggunaan internet ini menggiring pencari properti untuk semakin memanfaatkan internet dalam mencari hunian.Hasilnya, para profesional bidang real estate kini semakin melirik cara iklan digital.
 
Berdasarkan laporan pasar Lamudi Filipina, 88% agent real estate kini telah menyadari semakin banyak masyarakat yang menggu-nakan internet untuk mencari rumah di Filipina. Tren ini pun semakin berkembang di seluruh Asia, dan oleh karena itu kita bisa melihat perubahan perilaku konsumen ketika mereka mencari rumah. Media sosial menjadi satu hal yang penting. 
 
Memang, di Sri Lanka, 42.9% agent real estate lokal menilai bahwa sosial media ‘sangat penting’ dalam proses pembelian rumah. Apakah tren ini akan terus berlangsung selama tahun 2017? Ada kemungkinan bahwa ketergantungan pengguna terhadap teknologi akan meningkatkan traffic pengguna ke website dan aplikasi real estate yang tentunya akan memberi efek positif baik terhadap pencari properti ataupun agent.
 
Meningkatnya iklan online di negara berkembang.Data dari tahun 2015 menunjukkan bahwa 92% pembeli rumah menggunakan internet sebagai sumber informasi, 65% dari pembeli rumah di internet melihat atau mempertimbangkan rumah yang akan dibeli secara online, dan 44% pembeli rumah pertama menemukan rumah impian mereka di internet (sumber 2015 NAR Profile of Homebuyers and Sellers, item 186-45-15). Banyak dari pembeli rumah menggunakan sosial media untuk mencari dan menemukan properti idaman. 
 
Hal ini akan semakin lumrah di tahun 2017. Tren ini akan berefek terhadap penggunaan sosial media untuk real estate, baik dari sisi pembeli atau penjual.Developer dan agent menyadari bahwa dengan meningkatkan brand visibility mereka lewat sosial media juga dapat meningkatkan penjualan. Hal itu bisa terjadi karena semakin banyak orang menggunakan metode online untuk mencari properti sehingga iklan bisa dilihat oleh banyak orang, termasuk orang asing.
 
Virtual reality (VR) mulai merambah dunia real estate.VR kini telah mengubah wajah dari bisnis real estate, begitu pula dengan banyak sektor lain sejak VR pertama kali rilis. Kini pembeli rumah menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar foto, pembeli kini dapat mengeksplor rumah yang akan dibeli secara real. 
 
Karena teknologi ini kini pasar real estate semakin menarik minat pembeli, bahkan pembeli dari luar negeri. Pada September 2016, portal properti Lamudi mengadakan acara expo real estate menggunakan teknologi VR yang pertama di Filipina. Expo seperti ini akan terus diadakan di tahun 2017 dan tahun-tahun mendatang.(Rel)
T#g:AsialamudiOnlineperumahanReal Estate
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Peras Pengusaha Perumahan di Sei Mencirim, Dua Preman Kampung Diamankan Polisi

    Beritsumut.com-Petugas Polsek Sunggal mengamankan dua preman kampung yang melakukan memeras dan pungli kepada pengusaha perumahan di kawasan Sei Mencirim, Desa Medan Krio. Keduanya diamankan petuga

  • 3 hari lalu

    Ini Dia Ciri Agent Properti Handal

    Beritasumut.com-Menemukan agent real estate yang dapat dipercaya memang sangat sulit. Salah memilih agent properti, bisa-bisa nanti Anda tidak akan dapat menemukan properti yang diharapkan ataupun

  • 4 hari lalu

    Satlantas Polrestabes Medan Terapkan SIM Online

    Beritasumut.com-Untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus surat izin mengemudi (SIM) Polrestabes Medan telah menerapkan sistem pengurusan via online. Untuk di Sumut, Polrestabes Medan menjadi Pol

  • 6 hari lalu

    Upah Antar Diturunkan, Ratusan Driver Go-Jek Datangi Kantor di Medan

    Beritasumut.com-Ratusan driver Go-Jek Online kembali mendatangi kantor Go-jek di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, guna menagih hasil dari mediasi antara Driver Go-Jek dengan pihak Manajemen Go-Jek

  • 7 hari lalu

    Cyber University Harus Dipandang Sebagai Alat Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

    Beritasumut.com-Pendidikan dengan teknologi cyber university harus dipandang sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, jangan dipandang sebagai alat yang memudahkan, tetapi untuk memot

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.