Ekonomi

Petani Cabai di Batubara Gagal Panen, Harga Cabai Merah di Medan Melambung Tinggi


Petani Cabai di Batubara Gagal Panen, Harga Cabai Merah di Medan Melambung Tinggi
BERITASUMUT.COM/IST
Harga cabai merah di pasar saat ini melambung tinggi.
Beritasumut.com-Harga cabai merah saat ini berada di kisaran Rp 80.000 per kilogram.Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Medan tak bisa berbuat banyak terkait tingginya harga cabai merah di pasaran.
 
"Pemko sudah berkoordinasi dengan Bulog untuk melaksanakan Operasional Pasar (OP). Sudah ada OP di Pasar Petisah yang dilaksanakan Bulog. Tapi ya cuma 15 kilogram. Mana bisa buat harga cabai turun," ungkap Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan Qamarul Fattah di Pasar Petisah, Rabu (2/11/2016).
 
Mantan Kadisperindag Medan itu mengaku telah melakukan tinjauan ke sejumlah pasar. Dia bahkan menemukan harga cabai merah sudah menyentuh Rp84.000 per kilogram yang sebelumnya Rp80.000 per kilogram.
 
Naiknya harga cabai ini, ungkap Qamarul, disebabkan karena kegagalan panen yang bersumber di Kabupaten Batubara. Sebab, katanya, kabupaten Batubara selama ini adalah daerah penyuplai cabai merah di Kota Medan. Namun karena di sana terserang hama, maka terjadilah kegagalan panen. Ia pun tak bisa memprediksi sampai kapan harga cabai merah ini tetap bertahan tinggi atau bahkan bisa naik lagi.
 
"Kalau OP itu kan sudah Bulog.Sekarang kan Bulog sudah punya wewenang untuk membeli cabai langsung ke petani. Saya cek juga, ada cabai masuk dari Jawa dan harganya juga sudah tinggi. Padahal itu untuk meredam tingginya harga cabai, tapi ternyata malah ikut naik," pungkasnya. (BS03)
 

Tag:BatubaraBulogCabai MerahDisperindag MedanHarga CabaiPemko MedanPetani Cabai