Ekonomi

Perlu Dukungan Pemerintah Pusat, Pemkab Nias Utara Beraudensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Try Try
Perlu Dukungan Pemerintah Pusat, Pemkab Nias Utara Beraudensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bupati Nias Utara M Ingati Nazara bersama rombongan untuk kedua kalinya kembali melakukan audensi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo dalam rangka sinkronisasi pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara.
 
Pada audiensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tersebut Bupati Nias Utara menyampaikan bahwa sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Nias Utara sangat potensial dan perlu dukungan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk pengembangannya. 
 
"Saat melaksanakan kunjungan di Pulau Nias pada tanggal 19 Agustus 2016 yang lalu Presiden RI Jokowi menyatakan bahwa ada 2 potensi yang perlu dikembangkan di Pulau Nias dalam rangka pengembangan ekonomi masyarakatnya yaitu sektor Pariwisata dan Perikanan. Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Nias Utara terus mendorong perhatian pemerintah pusat dan investor untuk melakukan investasi program pembangunan khususnya di sektor kelautan dan perikanan baik untuk pengembangan sumberdaya manusianya, sarana dan prasarana perikanan tangkap dan perikanan budidaya," papar Bupati dilansir dari laman niasutarakab.go.id, Minggu (02/02/2020).
 
Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo menyatakan bahwa Pulau Nias memiliki potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa dan perlu pemetaan potensi. Zona atau daerah potensi lahan budidaya yang akan dikembangkan misalnya budidaya udang dan lahan yang strategis untuk pembangunan pangkalan armada penangkapan ikan atau pelabuhan perikanan perlu dipetakan. 
 
“Lahan harus jelas hibahnya dan peruntukannya serta sesuai dengan ketentuan. Budidaya pembesaran lobster akan menjadi perhatian program pemerintah pusat dan untuk lebih lanjut dinas teknis dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara diharapkan dapat melaksanakan diskusi lebih lanjut dengan Ditjen lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan," ungkap Edhy seraya menambahkan jika pihaknya berencana berkunjung mengelilingi 5 Kabupaten/Kota di Pulau Nias dalam rangka pengembangan sektor perikanan.(BS09)