Kamis, 17 Oktober 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemprov Sumut Harapkan Kerjasama Bisnis dengan India Semakin Meningkat

Pemprov Sumut Harapkan Kerjasama Bisnis dengan India Semakin Meningkat

Rabu, 18 September 2019 21:20:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-India merupakan salah satu mitra bisnis terbesar Sumatera Utara (Sumut), bahkan India berada di posisi ke enam dalam hal investasi di Sumut. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan kerja sama terus berjalan dan meningkat.
 
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina, saat menghadiri India-Indonesia Business Meeting on Potential for Cooperation in Agriculture Sector, di Hotel JW Marriot, Jalan Putri Hijau, Medan, Rabu (18/9/2019). “Kami mengharapkan kerja sama dengan India bisa terus berjalan dan semakin meningkat,” kata Sabrina.
 
Turut hadir Kepala Bapedda Sumut Hasmirizal Lubis, Ketua Agricultural and Processed Food Products Export Development Authority (APEDA) Shri Paban Kumar Borthakur, Wakil Ketua Kadin Sumut Bidang Investasi dan Promosi Jonner Napitupulu, delegasi bisnis India, anggota Kadin dan undangan lainnya.
 
Menurut Sabrina, banyak sektor bisnis yang berpotensi besar untuk dikerjasamakan. Beberapa di antaranya,  pertanian, peternakan, perkebunan, serta pariwisata.Sabrina juga memaparkan sejumlah infrastruktur yang dimiliki Sumut, seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung. Posisi Sumut juga strategis bagi perdagangan. Hal tersebut mendukung kegiatan perdagangan bagi pengusaha yang masuk ke Sumut.
 
Khusus pariwisata, Sabrina mempersilahkan delegasi bisnis untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada di Sumut. Beberapa daerah wisata yang berpotensi dikembangkan seperti Danau Toba, Bahorok, Tangkahan, Pulau Mursala dan lainnya. “Anda dapat mengunjungi dan berinvestasi,” ujarnya.
 
Senada dengan Sekdaprov Sabrina, Konsul Jenderal (Konjen) India Raghu Gururaj menyampaikan, India adalah mitra bisnis Provinsi Sumut terbesar keenam. India menjadi pasar utama ekspor Kelapa Sawit. Selain itu banyak lagi sektor yang berpotensi dikerjasamakan, seperti pengolahan produk pertanian, mesin tekstil, pertanian, pinang, karet dan lainnya.
 
Pertemuan tersebut diinisiasi oleh APEDA, yakni lembaga yang berada di bawah Kementerian Perdagangan Pemerintah India. Tugasnya mempromosikan komoditas ekspor pertanian dan produk makanan.(BS03)
T#g:danau tobaindiaInvestasiSumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    Terima Laporan, Polsek Helvetia Segera Tangkap Pelaku Penganiayaan Sekretaris GM FKPPI Sumut

    Beritasumut.com-Polsek Helvetia breaksi cepat untuk menuntaskan kasus penganiayaan kepada Sekretaris GM - FKPPI Sumut Thamrin Samosir yang dilakuka

  • 23 jam lalu

    Sembunyi di Hotel Padang Bulan, Tiga Pelaku Curanmor Dibekuk Polda Sumut

    Beritasumut.com-Bersembunyi di salah satu kamar Hotel The K, di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanm

  • 2 hari lalu

    Pimpin Rakor KSN Mebidangro, Edy Rahmayadi Ingatkan Semua Pihak Tentang Perpres 62/2011

    Beritasumut.com–Untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan terintegrasi Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro) dibutuhkan kes

  • 2 hari lalu

    Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera Diguncang Gempa

    Beritasumut.com-Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan M=5,9 Selasa (15/10/2019) pukul 05.

  • 3 hari lalu

    Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp4,04 Triliun untuk Pembangunan Insfratuktur dan Utilitas Dasar Danau Toba

    Beritasumut.com-Pemerintah Republik Indonesia (RI) menggelontorkan anggaran sebesar Rp4,04 triliun untuk pembangunan insfratuktur dan utilitas dasa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.