Sabtu, 20 Juli 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemprov Sumut Dinilai Tak Miliki Konsep Jelas Kembangkan UKM

Pemprov Sumut Dinilai Tak Miliki Konsep Jelas Kembangkan UKM

Selasa, 06 September 2016 00:30:00
BAGIKAN:
Para istri pimpinan SKPD memeragakan busana berbahan kerajinan di panggung Gebyar Kerajinan Daerah Sumut 2016
Beritasumut.com-Pengamat Hukum dan Pemerintahan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Rio Affandi Siregar mengatakan pernyataan dari Kepala BPMP Sumut Purnama Dewi sangat disayangkan, sebab tidak menunjukkan kenyataan sebenarnya bahwa Gebyar Kerajinan Daerah 2016 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Sebab dari jumlah pengrajin yang ikut serta dalam even tersebut, nyatanya mengalami penurunan yang signifikan, mengingat saat ini akses informasi sudah semakin mudah.
 
“Kalau memang menurun, artinya tidak sesuai dengan klaim peningkatan yang mereka sampaikan. Sehingga harus dicari tahu (evaluasi) kenapa bisa seperti itu,” ujar Rio kepada wartawan, Senin (05/09/2016).
 
Menurutnya, kegiatan yang dilakukan BPMP Sumut merupakan cerminan bahwa gebyar kerajinan tahun ini sama sekali tidak menunjukkan kesan bermasyarakat. Sebab hingga kini, belum ada konsep jelas dari pemerintah khususnya BPMP Sumut bagaimana mengembangkan produk UKM agar bisa dipasarkan.
 
“Selama ini kita tahu, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada itu sebagian besar berusaha mencari pasarnya sendiri, mereka harus pontang-panting sendiri, tidak ada jaminan dari pemerintah kah. Contohnya di Jogja, para pengrajin batik, punya pasar di Malioboro,” sebutnya.
 
Selain itu, dengan menampilkan para istri pejabat, justru memberikan kesan, kegiatan ini hanya untuk tontonan saja. Pasalnya, untuk penampilan peragaan busana, selayaknya mengedepankan partisipasi masyarakat.
 
“Kalau mereka yang jadi modelnya (istri pejabat) ya masyarakat hanya jadi penonton saja. Sementara partisipasi publik hanya isapan jempol belaka. Tentu komunitas masyarakat awam kurang tersentuh,” pungkasnya.
 
Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi, bersama ketua Dewan Kerajinan Daerah Sumut Ny Evi Diana meresmikan pelaksanaan Gebyar Kerajinan Daerah yang digelar di Merdeka Walk, Lapangan Merdeka Medan, Jumat (02/09/2016). Dalam acara Gebyar Kerajinan Daerah 2016 tersebut, panitia menampilkan pameran produk dan fashion show oleh para istri pejabat yang mengenakan busana dari bahan ulos, tenun, batik dan songket.
 
Gubernur Sumut mengharapkan Gebyar Kerajinan Daerah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengrajin untuk promosi. Menurutnya, di Sumut saat ini memiliki 2,5 juta pelaku usaha, dimana 40% diantaranya adalah usaha mikro, 30% usaha menengah dan 30% usaha kecil. Meski cukup banyak produk kerajinan usaha kecil asal Sumut yang sudah menembus ekspor, namun sebagian besar masih dalam tahap pengembangan. (BS03)
T#g:Pemerintah ProvinsiPemko Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 19 jam lalu

    Lantik 27 Pejabat Eselon III dan IV, Wali Kota Medan Minta Pejabat Kerja Keras, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda, Ir H Wiriya Alrahman MM melantik 27 Pejabat Struktural Pemko Medan di

  • 3 hari lalu

    Rapat Pembahasan Tentang Komisi Pemilihan Umum Dipimpin Wali Kota Medan

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Kepala Bappeda Irwan Ritonga memimpin Rapat Pembahasan Tentang Komisi Pemili

  • 3 hari lalu

    Wakil Wali Kota Medan Minta Guru Madrasah Tanamkan Budaya Bersih

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, berpesan kepada para guru Ma

  • 4 hari lalu

    Ini Pesan Wali Kota Saat Rapat Pembentukan BNN di Kota Medan

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat ATD MT, memimpin rapat pembentukan

  • 4 hari lalu

    Pemko Medan Adakan Rakor Operasional Sky Brigde Stasiun Besar Kereta Api

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan, Khairul Syahnan memimpin rapat koordinasi (rak

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.