Kamis, 14 November 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemko Medan Sambut Baik Pemetaan dan Fasilitasi Pendirian Badan Hukum Pelaku Ekonomi Kreatif oleh Bekraf

Pemko Medan Sambut Baik Pemetaan dan Fasilitasi Pendirian Badan Hukum Pelaku Ekonomi Kreatif oleh Bekraf

Selasa, 22 Oktober 2019 15:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pemko Medan menyambut baik langkah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi Pendirian Badan Hukum sekaligus melakukan pemetaan pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Medan. 
 
Demikian disampaikan Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, didampingi Kabag Perekonomian Setdako Medan Nasib saat memimpin Rapat Rencana Pembentukan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Kota Medan di Balai Kota, Selasa (22/10/2019). 
 
Dia menyebutkan, ada 16 subsektor Ekraf (ekonomi kreatif) yakni arsitektur, fashion, desain produk, desain interior, desain komunikasi visual, seni pertunjukan, film, animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni rupa, serta televisi dan radio.
 
"Ke 16 subsektor Ekraf nantinya akan dilakukan pemetaan sehingga dari ke 16 subsektor tersebut akan dipilih 3 subsektor terbaik yang mana nantinya akan menjadi pusat perhatian untuk dikembangkan sehingga ke 3 subsektor tersebut yang menjadi ciri khas Kota Medan," jelas Renward. 
 
Andre, salah seorang pelaku ekonomi kreatif Medan yang mengikuti rapat itu mengusulkan dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif Medan sebagai wadah bagai para pelaku ekonomi kreatif untuk dapat berkreasi dan mengekspresikan kreatifitas yang mereka miliki.
 
"Medan sebagai kota kreatif harus membentuk ruang kreatif, pembangunan kota kreatif berbasis potensi lokal juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal yang dikerahkan untuk dapat mendorong pemerataan ekonomi dan saing nasional," tegas Andre. 
 
Untuk itu, tambah Andre, melalui pembentukan Badan Ekonomi Kreatif, para pelaku ekonomi kreatif dapat berkumpul dan mengembangkannya. Sekarang ini zaman industri 4.0 sehingga Kota Medan harus mampu mengikuti zaman yang kian berkembang.
 
"Para pelaku ekonomi kreatif adalah potensi paling besar yang saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia. Medan adalah salah satu kota yang mulai mendapatkan efek dari pengembangan industri kreatif," ungkap Andre. 
 
Rapat ini diisi dengan tanya jawab antara perwakilan Bekraf dengan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.(BS07)
T#g:Ekomomi Kreatifpertumbuhan ekonomiUsaha
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Keluarga Miskin Ikuti Kelas Keterampilan Berusaha dari Dinsos Pemko Medan

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Sosial menggelar Pelatihan Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin di Hotel Grand Ka

  • 3 minggu lalu

    Alumni Pelatihan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaaan Bacakan Komitmen Bersama

    Beritasumut.com-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bersama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI menggelar Pelatihan Pemantapan Nilai-nilai Keba

  • satu bulan lalu

    Untuk Kedua Kalinya Deli Serdang Terima Penghargaan Natamukti

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di bawah kepemimpinan Bupati H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar tuai prestasi,

  • 2 bulan lalu

    Permudah Izin Usaha, Pemerintah Siapkan Omnibus Law

    Beritasumut.com-Pemerintah tengah menyiapkan Omnibus Law terkait perizinan berusaha. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mempermudah perizinan

  • 2 bulan lalu

    Rektor USU: Kalau Mau Sukses, Mahasiswa Harus Menjadi Wirausahawan

    Beritasumut.com-Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MH mengaku, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) salah satu  penggerak ekonomi Indoensia. Se

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.