Senin, 18 November 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemerintah Siapkan Penyederhanaan Besar-Besaran Perizinan

Pemerintah Siapkan Penyederhanaan Besar-Besaran Perizinan

Kamis, 19 April 2018 13:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pemerintah sedang menyiapkan penyederhanaan besar-besaran perizinan di Indonesia baik di pusat maupun daerah, dengan menggunakan online system yang terintegrasi. Untuk itu, ada banyak hal yang harus disiapkan.
 
“Kita akan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) untuk menjelaskan desain baru perizinan kita itu seperti apa,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution usai mengikuti Rapat Terbatas yang membahas Percepatan Pelaksanaan Berusaha, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/04/2018) sore.
 
Menurut Darmin, PP itu sekaligus juga akan memerintahkan bahwa perizinan itu akan diselesaikan, tidak dicabut dari pemda atau Kementerian/Lembaga, tapi perizinan itu dilaksanakan melalui sistem online single submission. “Itu nanti aturannya ada di PP apa saja yang tinggal, apa yang disederhanakan,” ujarnya.
 
Intinya, lanjut Menko Perekonomian, pemerintah akan membuat satuan tugas (Satgas) di setiap Kementerian/Lembaga maupun pemda, yang fungsinya  untuk mengawal dan menyelesaikan perizinan yang dilaksanakan melalui sistem.
 
Adapun mengenai PP dimaksud, menurut Darmin, akan di-launching pada tanggal 20 Mei.
 
Ia menyebutkan, saat ini ada 15 undang-undang yang memuat soal perizinan itu. Namun Darmin menilai, undang-undang tersebut omnibus law, undang-undang yang memuat banyak perubahan, tapi pasalnya memuat hal yang sama.
 
“Intinya kita satu, membentuk Satgas untuk mengawal ini semua, me-reform peraturan dan akan ada PP dikeluarkan. Desainnya karena menggunakan sistem, tidak bisa setiap kementerian lain-lain modelnya. Harus standar, baru sistem bisa mengerjakannya. PP itu yang mengaturnya, nanti PP itu akan mengatur sederhana sekali sehingga tidak lama menyelesaikannya. 30 menit barangkali akan selesai,” sambung Darmin.
 
Mengenai beberapa hal yang sifatnya terkait keamanan, kesehatan, dan lingkungan, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengemukakan, itu sebenarnya bukan izin, namun berkaitan dengan ambang batas. Karena itu, akan dibuat dalam bentuk komitmen.
 
“Barangkali yang akan menyelesaikannya ini adalah profesi bukan birokrasi,” tukas Darmin, seperti dilansir setkab.go.id.(BS01)
T#g:cara izin mudahInvestasiizin mudahkemudahan investasiPerizinan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Gubsu: Peluang Investasi di Sumut Cukup Menjanjikan

    Beritasumut.com-Peluang investasi di Sumatera Utara (Sumut) cukup menjanjikan dengan berbagai potensi yang ada, baik wilayah maupun demografi. Namu

  • 2 bulan lalu

    Tokio Marine Life Insurance Gelar Edukasi Peluang Investasi Global di Medan

    Beritasumut.com-Kota Medan menjadi salah satu barometer bisnis di Indonesia. Dinamika bisnis yang tak pernah padam di kota yang dijuluki Melayu Del

  • 2 bulan lalu

    Mendag: Optimis Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi Indonesia-Tiongkok

    Beritasumut.com-Menteri  Perdagangan  (MEndag) Enggartiasto   Lukita   menyampaikan, Indonesiasiap  untuk 

  • 2 bulan lalu

    Terima Delegasi Bisnis India, Wagub Sumut Tawarkan Pengembangan Ternak Kerbau

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan India serius untuk meningkatkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini,

  • 2 bulan lalu

    Pemprov Sumut Harapkan Kerjasama Bisnis dengan India Semakin Meningkat

    Beritasumut.com-India merupakan salah satu mitra bisnis terbesar Sumatera Utara (Sumut), bahkan India berada di posisi ke enam dalam hal investasi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.