Rabu, 22 Januari 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemerintah Hapus Ketentuan Modal Minimum Pendirian Perseroan Terbatas

Revisi PP

Pemerintah Hapus Ketentuan Modal Minimum Pendirian Perseroan Terbatas

Jumat, 05 Agustus 2016 11:51:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Dengan pertimbangan untuk memberikan kemudahan berusaha bagi para pengusaha dalam mendirikan badan usaha Perseroan Terbatas (PT), Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Juli 2016 telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas.

Dalam PP ini ditegaskan, Perseroan Terbatas wajib memiliki modal dasar perseroan. Modal dasar Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud harus dituangkan dalam anggaran dasar yang dimuat dalam akta pendirian Perseroan Terbatas.

“Besaran modal dasar Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas,” bunyi Pasal 1 ayat (3) PP tersebut, seperti dilansir setkab.go.id.

Sebelumnya, pada PP Nomor 7 Tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 21 Maret 2016 disebutkan, modal dasar Perseroan Terbatas paling sedikit Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Sementara dalam hal salah satu atau seluruh pihak pendiri Perseroan Terbatas memiliki kekayaan bersih sesuai dengan kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, modal dasar ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas yang dituangkan dalam akta pendirian Perseroan Terbatas.

PP ini juga menyebutkan, modal dasar Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) harus ditempatkan dan disetor penuh yang dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah.

“Bukti penyetoran yang sah sebagaimana dimaksud wajib disampaikan secara elektronik kepada Menteri dalam waktu paling lama 60 (enam puluh) hari terhitung sejak tanggal akta pendirian Perseroan Terbatas ditandatangani,” bunyi Pasal 2 ayat (2) PP ini.

Perseroan Terbatas yang melaksanakan kegiatan usaha tertentu, menurut PP ini, besaran minimum modal dasar perseroan Terbatas harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2016 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 14 Juli 2016 itu.(BS01)

T#g:PT
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Kapolres Sibolga Jalin Kerjasama dengan PWI Sibolga-Tapteng

    Beritasumut.com–Kapolres Sibolga AKBP Triyadi menyambut baik tebentuknya kepengurusan Kelompok Kerja (Pokja) Persatuan Wartawan Idonesia (PWI

  • satu minggu lalu

    Kebakaran Ekskavator Pengerjaan Jembatan Sei Wampu, Polsek Stabat Selidiki Pelaku

    Beritasumut.com–Kasus pembakaran ekskavator di areal Proyek Pembangunan Jembatan Sei Wampu pada Minggu (12/01/2020) sekitar pukul 03.15 WIB,

  • satu minggu lalu

    Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Tapteng Usulkan Penanganan Tiga Ruas Jalan Provinsi

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) mengusulkan penanganan tiga ruas Jalan yang menjadi Kewenangan Pemerintah Pro

  • satu minggu lalu

    Dana Sertifikasi Guru TW IV di Tapteng Belum Cair, Bupati Surati Mendikbud

    Beritasumut.com-Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani telah menyurati Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian

  • 2 minggu lalu

    Terlibat Jaringan Narkoba, Kapolsek Payung Polres Tanah Karo Ditangkap

    Beritasumut.com-Kapolsek Payung Polres Tanah Karo Iptu SS diamankan petugas ke Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) dan Bidpropam Polda Sumat

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.