Selasa, 20 Agustus 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Pembangunan Sektor Air Minum dan Sanitasi, Pemko Medan Sambut Dukungan USAID Iuwash Plus

Pembangunan Sektor Air Minum dan Sanitasi, Pemko Medan Sambut Dukungan USAID Iuwash Plus

Kamis, 01 Agustus 2019 22:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan menyambut baik dan mendukung USAID Iuwash Plus membangun komunikasi partisipasi warga dalam pembangunan sektor air minum dan sanitasi melalui aplikasi Medan Rumah Kita (MRK). Tentunya dengan memanfaatkan aplikasi MRK ini masyarakat Kota Medan akan lebih mengetahui informasi tentang air minum dan Sanitasi.
 
Demikian disampaikan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Kadis Kominfo Zain Noval SSTP MAP, ketika membuka Focus Group Discussion (FGD) Membangun komunikasi partisipasi warga dalam pembangunan sektor air minum dan sanitasi melalui media berbasis online Medan Rumah Kita yang digelar USAID Iuwash Plus di Hotel Grand Kanaya, Kamis (01/08/2019).
 
Dihadapan seluruh peserta, termasuk Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Benny Iskandar dan Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS Alifah Sri Lestari sebagai Narasumber, Kadis Kominfo mengatakan FGD ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk membahas pemanfaatan aplikasi dalam mengakses air minum dan pelayanan sanitasi yang dibutuhkan oleh kemasyarakatan.
 
"Tentunya melalui aplikasi Medan Rumah Kita yang kini dapat diunduh pada android di HP kita masing-masing, segalanya semakin dipermudah, terutama dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan pelayanan air minum dan sanitasi tersebut," kata Kadis Kominfo, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (01/08/2019). Turut mendamping Kadis, Sekretaris Mansursyah SSos, dan Kabid Komunikasi Publik Syaiful Amri SSos, serta Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Hendra Syahputra, Kasi Kemitraan Muhammad Rizki Husni dan Kasi Media Komunikasi Publik Alfred P Simarmata.
 
Selanjutnya Kadis Kominfo mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kota Medan sudah berbenah untuk menjadikan kota ini sebagai kota pintar. Dimana banyak hal yang sudah dilakukan Pemko Medan guna mewujudkan hal tersebut, salah satunya pemanfaatan aplikasi Medan Rumah Kita yang berbasis android. "Hal ini tentunya mendukung setiap aktivitas Pemko Medan, baik dalam hal pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, sarana dan prasarana, administrasi kependudukan, dan di bidang lainnya. Aplikasi MRK ini juga sudah diintegrasikan dengan SP4N-Lapor yang dikelola Kementerian PANRB. Pengintegrasian ini dimaksudkan, agar permasalahan di Medan yang penyelesaiannya di luar kewenangan Pemko dapat diketahui oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat," ungkap Noval.
 
Selain itu, Noval juga menjelaskan bahwa aplikasi Medan Rumah Kita adalah salah satu program yang menunjang kegiatan Pemerintah Kota dalam mewujudkan konsep Smart City. Sebagai kota metropolitan, masyarakat nantinya dapat memanfaatkan program aplikasi ini karena akan memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan publik khususnya dalam rangka peningkatan layananan air minum dan sanitasi di Kota Medan. "Melalui Dinas Kominfo sebagai Leading sekyor dalam sisi IT (teknologi) dapat mendukung terwujudnya aplikasi tersebut, dan antara pihak pemerintah, swasta dan publik sudah menjadi sebuah keharusan untuk menjamin keberhasilan aplikasi Medan Rumah Kita sebagai salah satu media komunikasi kepada masyarakat," jelasnya.
 
Sementara itu Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS, Alifah Sri Lestari dalam sambutannya mengatakan akses dasar yang harus dipenuhi Pemerintah Daerah adalah kebutuhan air minum dan sanitasi. Untuk itu USAID Iuwash Plus hadir membantu Pemerintah Daerah dalam menjangkau ketersediaan air minum dan Sanitasi.
 
Salah satunya, dijelaskan Alifah Sri Lestari, langkah USAID Iuwash Plus yaitu dengan mengikut sertakan dan Membangun komunikasi partisipasi warga dalam pembangunan sektor air minum dan sanitasi melalui media berbasis online Medan Rumah Kita yang saat ini dikelola Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kominfo. "Kami berkeinginan memanfaatkan fasilitas Aplikasi MRK ini untuk memajukan Sektor air minum dan sanitasi. Artinya melalui Aplikasi ini masyarakat dapat mengetahui informasi tentang air minum dan Sanitasi sekaligus merespon. Untuk itu kami berharap nantinya dalam Aplikasi MRK akan ada menu tentang air minum dan sanitasi guna mempermudah masyarakat", pungkasnya. (BS09)
T#g:Air MinumMedan RumahkitaPemko MedanSanitasiUSAID IUWASHWalikota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    375 Pekerja Usaha Ikuti Bimtek Pariwisata di Hotel Garuda Plaza Medan

    Beritasumut.com-Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan memberikan Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 375 pekerja usaha pariwis

  • 8 jam lalu

    Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemko Medan Gelar Pelatihan Penyusunan SOP-AP

    Beritasumut.com-Pemko Medan senantiasa mendukung pelaksanaan tugas apratur, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik dan

  • 3 hari lalu

    Pemko Medan Bangga, Kelurahan Anggrung Juara 1 Kelurahan Terbaik Regional se-Sumatera

    Beritasumut.com-Kelurahan Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan keluar sebagai Juara 1 kelurahan terbaik tingkat nasional wilayah regional

  • 3 hari lalu

    Wali Kota Medan Resmikan Masjid Al Falah di Marelan

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH, diwakili Kabag Agama Kota Medan Adlan, meresmikan Masjid Al Falah di Jalan Palem Inda

  • 3 hari lalu

    Satpol PP Bongkar 18 Papan Reklame Bermasalah di Ruas Jalan Kota Medan

    Beritasumut.com-Satpol PP kembali melanjutkan penertiban terhadap papan reklame bermasalah. Selama tiga hari, mulai Senin (12/08/2019) hingga Rabu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.