Ekonomi

PT Equitor Akan Berinvestasi 217 Miliar Lebih di Toba Samosir


PT Equitor Akan Berinvestasi 217 Miliar Lebih di Toba Samosir
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-PT Equitor direncanakan akan membangun percontohan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk perkantoran di 3 Kecamatan di Tobasa. Hal tersebut terungkap saat PT Equitor melakukan Presentasi Equitor dan Floting Solar Technology di hadapan Bupati Toba Samosir (Tobasa) yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan setdakab Jhon Piter Silalahi dan Asisten Administrasi Umum Parulian Siregar.
 
Perwakilan PT Equitor, Direksi Krisman Simorangkir dan Hendro menjelaskan saat ini pihaknya memang berkeinginan berinvestasi di Sumatera Utara (Sumut) khususnya  Kabupaten Tobasa. Hal ini didasari melihat potensi Tobasa untuk energi yang saat ini sedang dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk mendukung program 35.000 megawatt.
 
"Jadi untuk solar system Floting, ini sangat strategis dan berpotensi membantu program pemerintah dalam pengendalian kelistrikan terutama di tempat-tempat yang belum terjangkau oleh listrik di Sumatera Utara khususnya di Toba.Kami memang ingin berinvestasi di Tobasa dengan harapan birokrasi yang disampaikan cepat, murah, tidak berbelit-belit dan dipastikan oleh Pak Jokowi bahwa seluruh perijinan akan memudahkan berinvestasi.Kami berharap baik Pemprov, Pemkab Tobasa akan mempermudah kami berinvestasi," ujarnya dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (15/12/2019).
 
Saat ini, lanjut Krisman, PT Equitor akan memulai pembangunan 1 megawatt sampai 10 megawatt untuk tahap ujicoba dan akan diserahkan ke rakyat dengan cuma-cuma."Tujuan kami berinvestasi di bidang energi di Tobasa adalah untuk mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam bidang energi, dan berharap dapat segera terealisasi".
 
“Saya bersama Pak Hendro juga Direktur di PT Equiter, menjelaskan nilai Investasi sekitar 217 Milyard lebih akan segera terwujud bila ijin telah resmi didapat.Kita sudah berdiskusi dan bertemu dengan Pak Bupati Tobasa dan pejabat di sini, intinya beliau sangat mendukung," terang Krisman.
 
Krisman menjelaskan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pihak PLN dan juga Kementerian terkait agar dibantu dalam hal proses perizinan yang tentunya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.Selanjutnya akan didiskusikan di titik-titik mana PLTS di bangun, dengan tidak mengganggu pariwisata di sekitaran Danau Toba.
 
Krisman menambahkan, bahwa PT Equitor akan membangun  percontohan dan akan menyerahkan kepada rakyat dengan modul yang kecil bukan skala besar yang bisa dipasang di rumah-rumah yang belum terjangkau oleh listrik dan bisa dinikmati dengan ukuran kecil 200 Watt yang dapat dipakai untuk lampu dan kulkas kecil.
 
Asisten Ekonomi Pembangunan Jhon Piter Silalahi sangat menyambut baik dan mendukung rencana PT Equiter yang akan berinvestasi di bidang energi di Tobasa."Kita akan mendukung dan terkait dengan administrasi yang diperlukan untuk mendapatkan ijin dari pemerintahan pusat, Pemkab Tobasa di bawah kepemimpinan Bupati Darwin Siagian akan membantu, sebab ini akan mendukung ketersediaan energi di Tobasa dan juga sangat ramah lingkungan," ungkap Jhon Piter.(BS09)

Tag:danau tobaPT EquitorToba Samosir