Senin, 17 Juni 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Inisiasi Penggunaan Sampah Kantong Plastik dalam Campuran Aspal

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Inisiasi Penggunaan Sampah Kantong Plastik dalam Campuran Aspal

Rabu, 04 Juli 2018 10:35:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-PT Chandra Asri Petrochemical Tbk menginisiasi penggunaan sampah kantong plastik dalam campuran aspal dalam lingkungan perusahaan swasta.
 
Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, Selasa (03/07/2018), langkah ini untuk mendukung  target pemerintah dalam mengurangi limbah plastik di laut sebesar 70% sampai tahun 2025. 
 
Didampingi oleh Plt Walikota Cilegon, Kemenko Kemaritiman, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Asosiasi Plastik di Indonesia, juga hadir Arman Chandra dari APSINDO Sumut, Chandra Asri meresmikan penerapan aspal plastik di lingkungan pabriknya yang berlokasi di Cilegon, Banten. Aspal plastik yang digelar di atas area seluas 6.372 m2 terbuat dari bahan aspal biasa dengan campuran 5%-6%, atau sebesar 3 ton sampah plastik.
 
Edi Rivai, General Manager Polymer Technical Service and Product Development Chandra Asri, menuturkan penggunaan aspal bercampur plastik merupakan komitmen perusahaan mendukung pembangunan berkelanjutan. “Aspal yang dicampur dengan sampah plastik tingkat ketahanan jalan bertambah hingga 30%-40%,” kata Edi.
 
Melalui inisiatif ini, perseroan berupaya menunjukkan kantong plastik sekali pakai—yang dikhawatirkan menjadi sampah yang mengotori lautan—dapat ditangani dengan baik menjadi produk yang berguna dan memiliki nilai ekonomi.
 
Dalam pengaspalan itu, setiap 1 ton aspal ditambahkan 50 kilogram sampai 60 kilogram sampah kantong plastik yang sudah dicacah. “Pencampurannya 5%-6%,” katanya.
 
Dalam Sambutannya, Teddy Caster Sianturi, Kepala Pusat Litbang Industri Hijau Kementerian Perindustrian, menjelaskan sesuai dengan amanat Undang-undang No.3/2014 tentang Perindustrian, pemerintah berkomitmen membangun industri yang ramah lingkungan.
 
Selama ini, kantong plastik sekali pakai kurang tertangani sehingga hanyut ke laut dan menjadi masalah lingkungan.
 
“Dengan inisiasi Kementerian Koordinator Kemaritiman, pemerintah berkomitmen sampah plastik tidak hanyut ke laut. Kemenperin mendorong industri menerapkan ekonomi berkelanjutan melalui pemanfaatan kembali sampah plastik,” ujar Teddy.
 
Terdapat sejumlah upaya yang diterapkan seperti pemanfaatan sampah kantong plastik untuk aspal dan penggunaan kembali bahan plastik melalui daur ulang. “Sedangkan plastik yang sudah benar-benar rusak dan terhitung sebagai residu akan digunakan sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga sampah,” katanya.
 
Teddy mengatakan pihaknya akan mendorong lebih banyak perusahaan swasta untuk terlibat aktif dalam penanggulangan sampah plastik ini.
 
Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, inisiasi nasional melalui payung hukum berupa keputusan presiden akan segera terbit untuk mewujudkan komitmen pengurangan sampah plastik yang hanyut ke laut. 
 
“Kami menaruh apresiasi kepada Chandra Asri yang coba membantu mencarikan solusi menangani sampah plastik di sekitar,” imbuhnya.(BS06)
T#g:aspalAspal BetonAspal PlastikBetonCampuran AspalJalan BetonJalan TolPT Chandra Asri PetrochemicalPenggunaan Sampah Kantong PlastikPlastik Campuran Aspal
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Setelah Puluhan Tahun, Jalan di Kecamatan Sirandorung Tapteng Akhirnya di Aspal

    Beritasumut.com-Masyarakat Desa Bajamas, Desa Muara Ore dan Desa Masnauli, Kecamatan Sirandorung, Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar aksi spontani

  • 4 minggu lalu

    Mudik Lebaran, Ada 18 Rest Area, Jalan Tol Sumatra Sepanjang 503 KM Siap Digunakan Pemudik

    Beritasumut.com-Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan jalan tol sepanjang 503 kilometer (km) di Pula

  • 4 minggu lalu

    Antisipasi Pemudik Via Jalan Tol, Saldo Maksimal Uang Elektronik Kini Jadi Rp2 Juta

    Beritasumut.com-Guna mengantisipasi banyaknya pemudik dengan kendaraan pribadi yang melalui jalan tol, Bank Indonesia bekerjasama dengan Perbankan

  • 4 minggu lalu

    Menhub: Akses Pintu Keluar Tol Disediakan Di Sepanjang Jalur One Way

    Beritasumut.com-Dengan diberlakukannya satu arus (one way) di jalur Tol mulai dari Cikarang kilometer 29 hingga Brebes kilometer 263, pengemudi yan

  • satu bulan lalu

    Cegah Macet, Kemenhub Kaji Pemberlakuan Satu Arah dan Ganjil Genap di Tol Saat Arus Mudik

    Beritasumut.com-Untuk memperlancar Angkutan Lebaran Tahun 2019 Pemerintah telah menyiapkan manajemen lalu lintas yang lebih baik lagi dari tahun se

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.