Selasa, 10 Desember 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Nongsa Digital Park dan Kawasan Industri Kendal Akan Segera Jadi KEK

Nongsa Digital Park dan Kawasan Industri Kendal Akan Segera Jadi KEK

Rabu, 09 Oktober 2019 11:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pemerintah merencanakan akan segera menjadikan Nongsa Digital Park di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dan Kawasan Industri Kendal, di Kendal, Jawa Tengah, sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 
 
Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dengan berubah menjadi KEK maka Nongsa Digital Park fasilitasnya menjadi lebih baik dan minat investasi di situ juga mestinya lebih banyak. “Sebagai Digital Park tentu saja dia sangat fokus kepada kegiatan-kegiatan yang sifatnya digital, termasuk pendidikan,” kata Darmin kepada wartawan di Hotel Shangri-la, Singapura, Selasa (08/10/2019). 
 
Untuk Kawasan Industri Kendal, menurut Menko Perekonomian, Singapura menganggap kurang greget walaupun banyak invesasi di dalamnya. Karena itu, agar investasinya makin banyak, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Long waktu di Bali, akhir 2018 lalu, mengusulkan diubah menjadi KEK. “Memang kita perlu waktu menyiapkannya. Sekarang ini statusnya rancangan peraturan pemerintahnya itu sudah selesai diharmonisasi di (Kementerian) Hukum dan HAMM. Kita kemarin sudah naikkan ke Presiden untuk ditandatangani. Mestinya dalam hitungan hari itu akan ditandatangani,” terang Darmin. 
Mengenai lamanya waktu menjadikan Kawasan Industri Kendal sebagai KEK, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengemukakan, karena pihaknya haru berbicara dengan Kementerian Perindustrian yang menginginkan supaya di Jawa jangan terlalu banyak KEK. Kalau di luar Jawa tidak masalah. “Kalau di Jawa selama ini KEK itu lebih fokus kepada pariwisata ada Tanjung Lesung, belakangan ini ada Malang, Jawa Timur yaitu Singhasari,” jelas Darmin. 
 
Namun, lanjut Darmin, pemerintah sepakat KEK industri di Jawa asal memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu: a. fokusnya ekspor; b.substitusi impor; atau c. berteknologi tinggi. “Itu sudah selesai RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah)-nya. Tadi juga  saya sudah laporkan di pertemuan bahwa Presiden sudah kita kirim RPP-nya. Saya percaya Presiden akan menandatangani dalam berapa hari ini,” kata Darmin. 
 
Kelompok Kerja Menko Perekonomian menjelaskan, ada kelompok kerja investasi tetapi ini sebenarnya kelompok kerja yang hubungannya dengan KEK Kendal. Supaya investor baik dari Singapura maupun dari dalam negeri makin banyak yang masuk ke dalam. “KEK Kendal itu diharapkan sekarang ini investasi di kawasan waktu dia masih kawasan industri itu investasi di sana ada 555 juta dollar AS, dengan menyerap tenaga kerja lebih dari 2.400 orang. Kita ingin dia dengan teknologinya yang lebih tinggi atau yang lebih berorientasi ekspor,” terang Darmin. 
 
Menurut Menko Perekonomian itu, ada juga working group (kelompok kerja) untuk transportasi. Ada kelompok kerja agribisnis. Yang cukup konkret sekarang ini, ada 1 pulau di dekat Batam, namanya Pulau Kundur, pulau ini dikembangkan untuk menghasilkan buah-buahan: pisang, nanas, apalah yang kemudian bisa laku. “Ini juga sudah berjalan,” ujarnya. 
 
Kemudian (working group) pariwisata. Telah dibuka rute baru Singapura-Indonesia, selain yang sudah ada selama ini, khususnya bagi pelayaran Genting Dreams ke Belitung mulai musim panas 2020. “Itu untuk pertama kalinya Belitung akan disinggahi kapal pesiar, cruise yang kapasitasnya 3.000 penumpang, mudah mudahan nanti ke Mandalika nanti ke Labuan Bajo dan sebagainya,” ucap Damin.(rel)
T#g:KEKKEK Kendalkawasan ekonomi khusus
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    75 Pelaku Ekonomi Kreatif Ikuti Penyuluhan dan Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual

    Beritasumut.com-Sebanyak 75 Pelaku Ekonomi Kreatif mengikuti Penyuluhan dan Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang digelar Pemerintah Kota

  • satu bulan lalu

    Sempat Kabur dari Polisi, Pemerkosa Anak Dibawah Umur Dibekuk di Asahan

    Beritasumut.com-Polres Tanjung Balai berhasil membekuk pria bernisial R alias Tuah (37) yang berusaha memperkosa anak di bawah umur berusia 14 tahu

  • 2 bulan lalu

    Gubernur Sumut Cepat Tangani Pengungsi Wamena, Ketua Karang Taruna Sumut Berikan Apresiasi

    Beritasumut.com–Kepedulian Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terhadap persoalan warga Sumut yang mengungsi akibat bencana sosial

  • 2 bulan lalu

    Pemerintah Bentuk KEK Pariwisata dan Pengembangan Teknologi di Malang

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan untuk mengembangkan kegiatan perekonomian pada wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur yang bersifat stra

  • 2 bulan lalu

    NUTRIBOOST berlogo VITA GO Ajak Anak Muda di Medan Penuhi Gizi dengan Minum Susu

    Beritasumut.com–The Coca-Cola Company, salah satu perusahaan produk minuman terbesar di dunia, menghadirkan varian terbaru dari produknya NUT

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.