Ekonomi

Musim Hujan, Cabai Merah di Langkat Kena Penyakit


Musim Hujan, Cabai Merah di Langkat Kena Penyakit
BERITASUMUT.COM/BS08
Tanaman cabe yang terkena penyakit di lahan pertanian Langkat
Beritasumut.com-Musim penghujan yang melanda Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) selama dua bulan terakhir membuat puluhan hektar lahan pertanian cabai merah diserang berbagai penyakit. Walhasil, sebelum masuk masa panen, tanaman yang sudah digarap petani itu lebih banyak mati. Hal ini tentu berimbas pada merosotnya hasil panen cabai merah di Langkat.
 
Meningkatnya harga cabe merah sebagai komoditi pangan, ternyata tidak membuat para petani gembira. Karena meski harga jual tinggi, petani tetap diserang dengan berbagai penyakit tanaman. Hal ini dikeluhkan Sumini, salah seorang petani cabai merah di Langkat.
 
“Memang harga jual cabe sekarang ini lumayan lah. Tapi kalau seperti yang kita lihat ini, lebih banyak cabe yang rusak. Jadinya sama aja hasilnya. Takutnya nanti malah rugi, karna banyak juga yang tak mau berbuah cabainya ini,” keluh Sumini. 
 
Sementara itu, Dinas Pertanian Kabupaten Langkat mencatat serangan penyakit kerdil dan mati pucuk banyak terjadi di lahan pertanaman cabe di Kecamatan Stabat, Secanggang dan Tanjung Pura. Musim penghujan membuat virus dan bakteri pembawa penyakit tanaman semakin menyebar. (BS08)

Tag:Cabai MerahCabeDinasgagal panenHujanKabupatenLangkatMahalMusimPertanianSumateraSumutUtara