Sabtu, 18 Januari 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Menaker Minta BPJS Ketenagakerjaan Berikan Benefit Tambahan bagi Pekerja

Menaker Minta BPJS Ketenagakerjaan Berikan Benefit Tambahan bagi Pekerja

Jumat, 12 Agustus 2016 12:18:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengusulkan agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan benefit (manfaat) tambahan  berupa peningkatan keterampilan dan kompetensi bagi para pekerja/buruh.

Peningkatan layanan manfaat tambahan itu ditujukan untuk  meningkatkan kualitas SDM dan produktivitas pekerja sekaligus  meningkatkan kesejahteraan pekerja yang menjadi peserta BPJS.

"Kita terus  dorong agar BPJS Ketenagakerjaan terus  memperbaiki pelayanan dan meningkatkan manfaat tambahan peningkatan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan para pekerja,"kata Menaker Hanif dalam keterangan pers, di Jakarta, Kamis (11/08/2016).

Hal tersebut diungkapkan Menaker Hanif  saat menghadiri dan  membuka Musyawarah Nasional IV Serikat Pekerja BPJS Ketenagakerjaan di Bandung Jawa Barat pada Kamis (11/8).

Menaker  Hanif juga  mengharapkan BPJS dapat memberikan informasi yang jelas tentang keuntungan dan manfaat yang akan diterima oleh peserta BPJS,  sehingga menjadi menarik dan mengakibatkan  jumlah kepesertaan BPJS dapat meningkat secara signifikan.

Peningkatan layanan dan informasi tentang keuntungan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan  dan adanya benefit tambahan bagi pekerja, lanjut Hanif, akan sangat efektif untuk lebih menambah jumlah peserta.

"Ya, kita terus dorong BPJS  Ketenagakerjaan ini untuk menambah  kepesertaan secara efektif, baik pekerja formal maupun di informal. Nah, tentunya strateginya macam-macam, termasuk memberikan benefit tambahan yang bisa dinikmati peserta," kata Hanif.

Dikatakan Hanif,  selama ini BPJS  juga sedang membuat sejumlah terobosan dan program-program yang sudah jalan dan dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru untuk menambah tingkat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang baru mencapai 19,4 juta pekerja.

"Intinya  adalah kita ingin memastikan agar coverage dari kepesertaan kita ini semakin menyeluruh mencakup seluruh  pekerjaan dan sebanyak-banyaknya pekerja yang menjadi peserta BPJS," kata Hanif.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan,  Agus Susanto mengatakan akan segera membentuk tim dan mengkaji secara mendalam terkait  usulan Menaker soal penambahan benefit peningkatan keterampilan dan kompetensi pekerja.

"Kita akan rumuskan nanti dengan tim, menurut kami itu lebih simple dan credible jadi bisa diimplementasikan. Tapi tentu kami membutuhkan kajian yang lebih mendalam," kata Agus.(rel)

T#g:BPJSBPJS KesehatanBPJS Ketenagakerjaan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    RSUD Pandan, Satu-satunya RS Pemerintah Tipe C se-Sumut Peraih Bintang IV dari KARS

    Beritasumut.com-Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menetapkan RSUD Pandan naik peringkat status Akreditasi menjadi Tingkat Utama atau rating Bint

  • 4 minggu lalu

    PP Nomor 82 Tahun 2019: Hak Menuntut Manfaat JKK Jadi 5 Tahun, Jaminan Kematian Jadi Rp 20 Juta

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan untuk meningkatkan pelayanan serta kesejahteraan peserta jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya peningkatan m

  • satu bulan lalu

    Tinjau RSUD Dr Pirngadi Medan, Plt Wali Kota Medan Minta Pelayanan Kesehatan Ditingkatkan

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau fasilitas kesehatan kelas tiga di RSUD Dr Pirngadi Medan,

  • 2 bulan lalu

    Predikat Sangat Memuaskan, Kepala BPJamsostek Karo Sanco Simanullang Raih Gelar Doktor di USU

    Beritasumut.com-Setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada  ujian promosi (Sidang terbuka) Doktor  USU di ruang  IMTGT USU Me

  • 2 bulan lalu

    Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Sekda Provinsi Sumut Ingatkan Prioritaskan Stunting dan Jaminan Kesehatan

    Beritaumut.com-Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara R Sabrina dan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara peringatan H

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.