Ekonomi

Luncurkan Simpel Paten, Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Sumut Diharapkan Meningkat


Luncurkan Simpel Paten, Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Sumut Diharapkan Meningkat
BERITASUMUT.COM/BS03
Gubsu HT Erry Nuradi saat melaunching aplikasi perizinan secara on line Simpel Paten, Rabu (18/1/2017).
Beritasumut.com-Angin segar mulai menerpa dunia usaha di Sumatera Utara (Sumut). Tidak hanya mempermudah proses pengurusan izin dan non izin, perizinan secara online diyakini dapat memutuskan mata rantai penyalahgunaan kewenangan dan praktek pungutan liar (pungli) yang selama ini menjadi stigma negatif bagi di kalangan masyarakat, khususnya dunia usaha. Investasi dan partumbuhan ekonomi pun diharapkan semakin meningkat pesat di Sumut.
 
"Dengan kemudahan proses pengurusan izin diharapkan dapat meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumut," ujar Gubsu HT Erry Nuradi saat melaunching aplikasi perizinan secara on line Simpel Paten (Sistem pelayanan perizinan terpadu efektif efisien) di Aula Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provsu di Jalan Wahid Hasyim Medan, Rabu (18/1/2017).
 
Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Koordinator Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK RI Adlinsyah Nasution, Kepala BPPT Jabar Dr Ir H Dadang Muhammad, dari CIZ Roto Priyono, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, unsur Forkopimda, Wakapoldasu, BPK RI Sumut, BPKP Sumut, KADIN dan para pimpinan Perusahaan BUMD dan swasta.
 
Diterangkan Erry, peluncuran Simpel Paten diharapkan dapat memberi kemudahan dan mempelancar serta mempercepat proses perizinan dan non perizinan dengan memanfaatkan elektronik berbasis online. Selain itu kehadiran Simpel Paten dapat mencover sekaligus menggugah para pengguna layanan untuk dapat memenuhi kewajiban memiliki izin dan rekomendasi secara optimal. Hal ini merupakan rintisan awal yang diharapkan menjadi momentum untuk mengembangkan pola inovatif lainnya.
 
“Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya mendekatkan pelayanan publik sehingga kehadiran peme-rintah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya kemudahan dalam pengurusan perizinan dan non perizinan,” terang Erry.
 
Pasca dilaunchingnya aplikasi Simpel Paten, Gubsu berharap Dinas terkait terus melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dan melakukan sosialisasi melalui media massa dan media sosial. Karena tidak menutup kemungkinan pengguna layanan perizinan berada di luar Provinsi Sumut.
 
Dalam kesempatan itu Gubsu juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Tim Korsupgah KPK yang senantiasa mendorong upaya-upaya perbaikan dalam manajemen pemerintahan, khususnya dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.(BS03)

Tag:EkonomiPemprov SumutPerizinan terpadu satu pintuSimpel Paten