Ekonomi

LPS Gelar Media Gathering di Medan


LPS Gelar Media Gathering di Medan
beritasumut.com/BS01
Beritasumut.com-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar media gathering di Medan, Sumatera Utara, Selasa (05/11/2019). Mengambil tema Peran dan Fungsi LPS dalam Sistem Perbankan Indonesia, media gathering yang dibuka Direktur Manajemen Resiko LPS Dewi Gayatri menghadirkan nara sumber Kepala Divisi Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan LPS Fuad Zaen dan Dosen Fakultas Ekonomi Yusuf Harahap dan moderator Rizanul Arifin.
 
Dalam sambutannnya, Dewi Gayatri mengatakan, media gathering ini dimaksudkan agar media sebagai salah satu pilar yang penting dapat menyampaikan kepada masyarakat terkait peranan dan fungsi LPS. Sehingga, kata dia, masyarakat mengetahui mengenai sistem penjaminan pinjaman dan solusi jika terjadi permasalahan dalam perbankan.
 
"LPS hadir salah satunya sebagai solusi seandainya terjadi hal buruk pada suatu bank, khususnya terkait dana/tabungan nasabah yang ada di bank," ujar Direktur Manajemen Resiko LPS Dewi Gayatri.
 
Sementara itu, Kepala Divisi Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan LPS Fuad Zaen, menekankan agar nasabah bank lebih teliti dan cermat dalam memilih bank yang akan dijadikan tempata menabung. Hal ini, katanya, terkait resiko yang mungkin muncul jika terjadi masalah di bank tersebut, seperti halnya bank dilikuidasi.
 
"Setidaknya harus memperhatikan 3T, sebagai syarat yang harus dipenuhi agar tabungan nasabah bisa diklaim oleh jaminan LPS, yakni Pertama, tercatat pada pembukuan bank. Kedua, tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga penjaminan LPS. Ketiga, tidak menyebabkan bank menjadi bank gagal (misalnya memiliki kredit macet),” ujarnya.(BS01)  

Tag:LPSjaminan tabungansyarat penjaminan LPS