Rabu, 22 Januari 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Kementerian ESDM Serahkan Bantuan Sumur Bor ke Labuhanbatu

Kementerian ESDM Serahkan Bantuan Sumur Bor ke Labuhanbatu

Jumat, 22 Maret 2019 19:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS08
Beritasumut.com-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI menyerahkan bantuan pengadaan Sumur Bor Air Bersih kepada 4 (empat) Kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Penyerahan bantuan dipusatkan di Desa Tanjung Harapan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, tepat pada Hari Air Sedunia, Jumat (22/03/2019).
 
Sekretaris Satuan Kerja Khusus (SKK) Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM, Arif Setiawan Handoko mengatakan program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah dirasakan efektif dan berhasil membantu masyarakat. "Pada tahun anggaran 2018, Kementerian ESDM telah membangun sebanyak 506 sumur bor di seluruh Indonesia. Diantaranya, empat Kabupaten di Sumatera Utara dan tiga unitnya di Labuhanbatu, yakni di Desa Tanjung Harapan dan di Desa Pangkatan, Kecamatan Pangkatan. Serta Desa Kampung Bilah, Kecamatan Bilah Hilir," ujarnya.
 
Kemudian, lanjut Arif, Kabupaten Labuhanbatu Utara sebanyak tiga unit yaitu Desa Londut, Desa Sono Martani, di Kecamatan Kualuh Hulu dan Desa Gunting Saga di Kecamatan Kualuh Selatan. Selanjutnya, di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) di empat lokasi. Diantaranya, Desa Perlabian, Kampung Rakyat. Desa Aek Goti, Silangkitang. Lalu, di Dusun Kandang Motor dan Dusun Simpang 4, Desa Aek Batu, Kecamatan Torgamba. "Untuk Kabupaten Padang Lawas Utara, di Desa Pasar Gunung Tua, Desa Sigama, Desa Sigama Ujung Gading, Kecamatan Padang Bolak," paparnya.
 
Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Sumihar Panjaitan melalui teks tertulisnya mengatakan Badan Geologi Kementerian ESDM mempunyai tugas dan fungsi di bidang penyediaan sarana air bersih melalui pengeboran air tanah dalam di daerah sulit air. Kata dia, tahun 2018 telah berhasil membangun sebanyak 2288 unit sumur bor di 33 propinsi dan 312 Kabupaten, Melayani 6,6 juta jiwa. Sementara di Kabupaten Labuhanbatu sejak tahun 2011 hingga 2018 telah berhasil dibangun sebanyak 7 unit sumur bor di 4 Kecamatan dan memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 24 ribu jiwa.
 
Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu dalam kesempatan itu menyebutkan, manfaat bantuan sumur bor akan menyasar kepemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di daerah-daerah. "Manfaat sumur bor mengatasi persoalan kebutuhan air bersih untuk masyarakat," kata Gus Irawan, Jumat (22/03/2019).
 
Komisi VII DPR RI sebagai mitra pemerintah, kata Ketua Partai Gerindra Sumut ini, terus berupaya mengusulkan peningkatan anggaran untuk program pengadaan sumur bor di seluruh wilayah Indonesia. Diaa mengisahkan manfaat program itu sangat dirasakan masyarakat Desa Aek Marian, Kabupaten Mandailing Natal. Warga setempat terbantu dengan kualitas air yang siap konsumsi dari air sumur bor di sana. (BS08) 
T#g:Kementerian ESDMLabuhanbatuSumur Bor
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Bupati Labuhanbatu Harapkan Inovasi Desa Bernilai Ekonomi

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengharapkan ada inovasi Desa bernilai ekonomi. Hal itu ditegaskan Bupati saat m

  • 2 minggu lalu

    Bupati Labuhanbatu Serahkan Bingkisan Kepada 68 Orang Pensiunan Kemenag

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti (GAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag)

  • 3 minggu lalu

    DPRD Labura Gelar Rapat Paripurna Hasil Reses

    Beritasumut.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pem

  • 3 minggu lalu

    Banjir Bandang Labura, Bantuan Terus Mengalir dari Berbagai Komunitas

    Beritasumut.com-Perkembangan dari lokasi bencana banjir bandang, Senin (30/12/2019) sore, jajaran Polres Labuhanbatu melaksanakan Bakti sosial beru

  • 3 minggu lalu

    Banjir Labuhanbatu Utara, TIM SAR Kerahkan Helikopter

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu Utara Khairuddin Syah Sitorus bersama tim gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD dan masyarakat berha

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.