Rabu, 13 November 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Kawasan Industri Kuala Tanjung Diperkirakan Akan Serap 110 Ribu Tenaga Kerja

Kawasan Industri Kuala Tanjung Diperkirakan Akan Serap 110 Ribu Tenaga Kerja

Minggu, 03 November 2019 11:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kawasan Industri Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, diperkirakan akan menyerap 110.000  tenaga kerja. Untuk itu, kepada masyarakat agar mempersiapkan kualitas diri sehingga masyarakat Batubara tidak hanya sebagai penonton di negeri sendiri.
 
Hal tersebut dikatakan Bupati Batubara Bapak Ir H Zahir MAP saat acara Konsultasi Publik II, Penyusunan rencana detail tata ruang di sekitar Kawasan Industri Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, di MPH Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka.
 
Dikatakannya, sebagai bentuk nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Batubara terhadap segala perkembangan, pada saat ini Pemerintah Kabupaten Batubara sedang melaksanakan revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang sudah masuk tahapan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hal itu sebagai arah pedoman penataan ruang pembangunan sekaligus memberikan kepastian hukum terhadap investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Batubara.
 
"Saya pikir, ditahun 2023 nanti, kawasan ini sudah maju pesat. Ditahun 2024, diperkirakan sudah 110 ribu tenaga kerja yang dibutuhkan. Jelas ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Kalau ekonomi sudah meningkat, berarti kita sudah makmur," katanya dilansir dari laman batubarakab.go.id, Minggu (03/11/2019).
 
Ia menjelaskan, konsultasi publik ini merupakan kelanjutan pertemuan sebelumnya, guna mematangkan seluruh masukan konsep arah pembangunan sekitar kawasan industri Kuala Tanjung hingga 20 tahun kedepan. Sehingga kita mampu memperkirakan dampak yang mungkin ditimbulkan terhadap pembangunan dan perkembangan kawasan sekitar industri Kuala Tanjung sedini mungkin.
 
"Kawasan industri tersebut mendorong adanya peningkatan taraf perekonimian masyarakat serta daya saing bagi masyarakat Kabupaten Batubara. Untuk itu, kami perlu pendampingan dari Direktur Penataan Kawasan Kementerian ATR/BPN RI dalam upaya Pemerintah Kabupaten Batubara dapat segera terwujud," ujarnya.
 
Direktur Penataan Kawasan, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, Sufriyadi dalam paparannya menjelaskan tentang Latar belakang BWP Utara Kawasan Perkotaan Kuala Tanjung. Diantaranya, tentang rencana sistem transportasi yang terpadu dengan Pelabuhan Kuala Tanjung dan potensi perkembangan kawasan perkotaan di sekitar Kawasan Industri Kuala Tanjung.
 
Sufriyadi menambahkan, Pelabuhan Kuala Tanjung, direncanakan akan terintegrasi dengan sistem transportasi darat. Yakni, jaringan Jalan Lintas Timur Pulau Sumatera, jalur Kereta Api Lintas Timur, Jalan Kolektor Primer dari PKW Tebing Tinggi, dan Jalan bebas hambatan ruas Kisaran-Tebing Tinggi.Selain itu, kawasan di sekitar Kawasan Industri Kuala Tanjung berpotensi berkembang menjadi kawasan perkotaan akibat dilintasi oleh jaringan transportasi darat (Jalan bebas hambatan, Jalan arteri dan Jalur KA), sehingga terbuka akses dari dan ke Pelabuhan serta Kawasan Industri Kuala Tanjung.(BS09)
 
T#g:AsahanKawasan Industri Kuala TanjungKuala Tanjung
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Pemkab Ajak Pimpinan Perusahaan dan OKP Tanggulangi Bencana Banjir di Labuhanbatu

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu mengajak dan menghimbau seluruh pimpinan perusahaan, OKP dan Stkeholder untuk bersama-sam

  • 3 hari lalu

    Pemkab Asahan Segera Realisasikan Pembangunan Jaringan Listrik di Desa

    Beritasumut.com-Menyahuti keinginan masyarakat di Desa Rahuning, Dusun Bukit Kijang, Kecamatan Rahuning tentang pemasangan jaringan listrik, 

  • 6 hari lalu

    Oknum PNS di RS Abdul Manan Kisaran Ditangkap Polisi, Sebut Rumah Bupati Tempat Nonton Orang...

    Beritasumut.com–Jejak digital itu kejam, sebab sekali postingan meluncur, rekam datanya akan terlacak selamanya. Hal ini barangkali yang diab

  • satu minggu lalu

    Pengurus PD MABMI Asahan Dilantik, Bupati Berharap Bantu Pemerintah Majukan Kebudayaan di Asahan

    Beritasumut.com-Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) melantik PD MAMBI Kabupaten Asahan periode 2019-2023 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asa

  • satu minggu lalu

    Pemkab Asahan Berikan Bantuan Korban Bencana Banjir di Desa Lubuk Palas

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan kepada masyarakat Desa Lubuk Palas, Kecamata

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.