Senin, 18 November 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Kasatgas Pangan Polri Bersama KPPU Cek Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok

Kasatgas Pangan Polri Bersama KPPU Cek Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok

Selasa, 20 Juni 2017 08:30:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto selaku Kasatgas Pangan Polri, bersama Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) serta Dirjen Pertanian dan Peternakan melakukan inspeksi mendadak harga pangan dengan mengunjungi tempat pemotongan hewan, Minggu (18/06/2017) malam.
 
Sidak dilakukan di tempat pemotongan hewan yang berbeda dari sebelumnya, rumah pemotongan hewan Karawaci (RPH Karawaci). Memantau harga daging sapi dan ketersediaan stok menjelang perayaan Idul Fitri.
 
Pada kesempatan ini, Irjen Pol Setyo Wasisto menyampaikan tugas pokok, fungsi dan peranan dibentuknya Satgas Pangan. Satgas Pangan bertugas melakukan pemantauan dan monitor pangan mulai dari produsen, rantai industri sampai dengan konsumen.
 
Dalam prosesnya, memastikan produsen mendapat untung layak, rantai distribusi lancar dan konsumen mendapatkan daya beli yang cukup. Terdapat keadilan harga bagi semua pihak. “Satgas Pangan tugasnya memantau dari hulu sampai hilir, mulai dari produsen, mata rantai sampai dengan konsumen. Agar dalam prosesnya semua mendapatkan harga yang adil,” ujar Irjen Pol Setyo.
 
Ia menambahkan, Satgas Pangan juga bertugas melakukan penindakan hukum terhadap oknum yang melakukan penyimpangan dalam bekerja.
 
Satgas Pangan ini serentak bekerja mulai dari tingkat Mabes Polri, Polda sampai dengan Polres. “Terdapat 145 personel untuk melakukan penetrasi pasar di seluruh Indonesia yang didampingi oleh Satgas Pangan dan KPPU di daerah,” tambah Irjen Pol Setyo, seperti dilansir tribratanews.com.
 
Sampai saat ini, lanjutnya, harga komoditas pangan relatif stabil dan terkendali. Hal ini berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat.
 
Sementara itu, Ketua KPPU, Sarkawi Rauf menjamin persedian stok daging di pasaran aman hingga menjelang H-2 perayaan Idul Fitri 2017.
 
“Pada Idul Fitri tahun ini harga daging sapi di pasaran lebih murah daripada tahun sebelumnya karena relatif stabil. Untuk harga daging sapi segar dijual per kilogram Rp. 110.000 sampai Rp. 120.000, daging beku dijual Rp. 80.000/kg, untuk harga daging kerbau dijual Rp. 65.000/kg” terang Sarkawi.
 
Menurut Kasatgas Pangan Polri harga daging sapi yang kini dalam kisaran Rp. 120.000/kg memang masih dalam harga normal, karena harga daging sapi itu bermacam-macam harganya. Namun, apa yang disampaikan Sarkawi Rauf itu, sudah merupakan harga yang terbaik. “Harga daging sapi juga masih ada yang sedikit murah tetapi masih ada tulangnya, dan ada bagian uratnya. Harga daging untuk tahun ini memang sudah yang paling bagus,” imbuhnya.(BS01)
T#g:KPPUsatgas panganharga bahan pokok
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Percepat Proses Pembangunan, Seluruh OPD dan BUMD di Sumut Perlu Bersinergi dengan KPPU

    Beritasumut.com-Seluruh pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, kabupaten/kota dan Badan Usaha Milik Daerah

  • 7 bulan lalu

    Plt Bupati Labuhanbatu, Kapolres dan Dandim Sidak ke Pasar

    Beritasumut.com-Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1440H/ 2019 sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga dipasar Gelugur, Rantauprapat, Kabupaten La

  • 7 bulan lalu

    Minta Menteri Cek, Presiden Jokowi: Jaga Stabilitas dan Harga Bahan Pokok Jelang Puasa

    Beritasumut.com-Berkaitan dengan semakin dekatnya bulan suci Ramadan yang tinggal dua minggu lagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jaj

  • 11 bulan lalu

    Presiden Jokowi: Harga Beras Stabil, Harga Daging Ayam Perlu Perhatian

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan peninjauan ke Pasar Ngemplak, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (04/01/2019) p

  • tahun lalu

    Kapolrestabes Medan Bersama Kapoldasu dan Tim Satgas Pangan Provsu Lakukan Sidak Pasar

    Beritasumut.com-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi, melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) ke Pasar Tradisional dan Pasar Mo

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.