Kamis, 24 Oktober 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Jelang Lebaran, Pemesanan Tiket KA Naik Hingga 60 Persen

Jelang Lebaran, Pemesanan Tiket KA Naik Hingga 60 Persen

Kamis, 08 Juni 2017 12:41:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS08
Beritasumut.com-Menjelang puncak perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah, pemesanan tiket sejumlah moda transportasi umum di Sumatera Utara mulai mengalami peningkatan dihandingkan sebelumnya, tidak terkecuali tiket kereta api (KA).
 
PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Divre I Sumatera Utara mencatat, grafik pemesanan tiket kereta api menjelang Lebaran 2017 bahkan mengalami kenaikan hingga 60 persen per hari untuk semua jurusan.
 
"Memang sudah ada peningkatan. Besarannya itu rata-rata 5 hingga 60 persen per hari, baik untuk Kereta Api Sri Bilah, Putri Deli, maupun Siantar Express," kata Manajer Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumatera Utara M Ilud Siregar, kepada wartawan, Kamis (08/06/2017) pagi.
 
Ilud mengatakan, sebagian besar tiket yang dipesan calon penumpang merupakan tiket dengan waktu keberangkatan pada H-3 hingga H+3 Lebaran, dengan kenaikan rata-rata mencapai 40 hingga 60 persen per hari.
 
Meskipun demikian, dia mengaku belum melihat adanya peningkatan kepadatan dan arus mobilisasi penumpang kereta api yang sangat signifikan, terhitung sejak awal hingga pekan kedua Ramadan 1438 Hijriah.
 
Padahal menurutnya, PT KAI Divre I Sumatera Utara telah membuka layanan pemesanan tiket sejak H-90, baik melalui chanel internal (dibeli langsung di loket atau melalui website resmi PT KAI), maupun melalui chanel eksternal (dibeli melalui mitra resmi penjualan tiket kereta api).
 
"Layanan pemesanan tiket kereta api sendiri sengaja kita buka tiga bulan sebelum lebaran, dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya praktik percaloan dan peredaran tiket palsu di masyarakat," terang Ilud.
 
Di sisi lain, lanjutnya, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, PT KAI (Persero) Divre I Sumatera Utara tidak melakukan penambahan gerbong, melainkan memaksimalkan ketersediaan sarana angkutan yang ada.
 
"Kita tidak ada penambahan perjalanan. Hanya memaksimalkan transformasi yang ada, dengan menyiapkan 6.848 kursi per hari, mulai H-10 hingga H+15 Lebaran, atau sejak 15 Juni hingga 11 Juli mendatang," ujar Ilud.(BS08)
T#g:angkutanKereta ApilebaranMudiktiket kereta api
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Pemko Medan Kaji Konektivitas Drainase Yang Berhubungan dengan Jalan dan Lintasan KA

    Beritasumut.com-Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pemb

  • 3 minggu lalu

    Pria Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Kereta Api di Jalan Kalianda Medan

    Beritasumut.com-Seorang pria tanpa identitas (Mr X) tewas mengenaskan akibat ditabrak kereta api di perlintasan rel, di Jalan Kalianda, Kelurahan P

  • 4 minggu lalu

    Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Diharapkan Beroperasi Tahun 2024

    Beritasumut.com-Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat untuk menandatangani kelanjutan Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api (KA) Jakarta &ndash

  • satu bulan lalu

    Apel Hari Perhubungan Nasional, Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas

    Beritasumut.com–Masih banyak pengendara di jalanan yang tidak disiplin dan melanggar aturan lalu lintas. Padahal, selain untuk ketertiban di

  • 4 bulan lalu

    Calon Penumpang Bus ALS Mendadak Tewas di Loket

    Beritasumut.com-Seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution (42) warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Psp Utara, mendadak me

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.