Ekonomi

Harga Kambing Naik Jadi Rp 1,7 Juta/Ekor


Harga Kambing Naik Jadi Rp 1,7 Juta/Ekor
beritasumut.com/BS08
Peternakan kambing

Beritasumut.com-Menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 H, harga penjualan kambing perlahan lahan mulai mengalami kenaikan, Kenaikan tersebut diperkirakan berkisar antara 20-30 persen dari harga sebelumnya.

Kenaikan harga kambing dikarenakan meningkatnya daya beli masyarakat saat menjelang Idul Adha, sebab kambing merupakan salah satu hewan kurban, yang akan di sembelih saat tibanya hari raya Idul Adha.

Menurut Angga, salah seorang peternak kambing di Jalan Danau Tondano Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur mengatakan, harga kambing mengalami kenaikan biasanya berkisar 30 persen.

"Kenaikan tidak banyak, hanya sekitar 30 persen dibandingkan harga sebelumnya. Pekan ini harga sudah mulai naik. Kalau biasa Harga satu ekor kambing 1,3 juta, menjelang Idul Adha biasanya menjadi 1,7 juta per ekornya," ujar Angga saat ditemui di peternakan belakang rumahnya, Rabu (07/09/2016).

Sudah menjadi kebiasaan, kenaikan harga kambing ini di sebabkan karena tingginya permintaan dari warga yang ingin berkurban.

"Ini karena kambing sudah habis, ini saja ada 90 ekor kambing kami, 70 ekor sudah habis di pesan orang semua untuk kurban," sambung Angga.

Bagi Angga, menjelang Idul Adha adalah berkah bagi dirinya dan para pekerjanya, selain bisa menjual kambingnya semua, keuntungan yang di dapat juga lumayan banyak.

"Lumayanlah bang hasilnya, kita harus menunggu satu tahun untuk membuat harga kambing naik, rejeki anak soleh bang," ucapnya sembari tertawa kecil.(BS08)


Tag:Hewan Kurban