Jumat, 18 Oktober 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Gubernur Sumut: Jadikan Bank Daerah Pilihan Utama Masyarakat

Hadiri Rakerwil FKDK BPDSI Wilayah Barat,

Gubernur Sumut: Jadikan Bank Daerah Pilihan Utama Masyarakat

Kamis, 19 September 2019 19:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com–Bank Pembangunan Daerah (BPD) diharapkan dapat menjadi pilihan utama masyarakat di daerahnya masing-masing. Untuk itu diperlukan kerja sama dengan pemerintah agar muncul kepercayaan di mata publik untuk menyimpan uang.
 
Harapan itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Forum Komunikasi Dewan Komisaris Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (FKDK BPDSI) Wilayah Barat, di Hotel Adimulia, Kamis (19/09/2019).
 
"Saya berharap Bank Pembangunan Daerah menjadi tempat orang bertransaksi. Kalau kita survei, dari 12 orang, coba ditanya soal bank daerah. Kalau dua orang saja menyebutkan percaya, itu sudah bagus. Jadi kuncinya bagaimana membangun kepercayaan publik," ujar Gubernur.
 
Pada dasarnya, kata Gubernur, orang-orang yang bekerja di bidang perbankan termasuk unsur pimpinan hingga komisaris adalah mereka yang memahami dan ahli di bidang bisnis perbankan. Sehingga secara teknis, dirinya meyakini sumber daya manusia (SDM) yang ada memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing.
 
Untuk itu, menurutnya, antara BPD dan Pemerintah Daerah (Pemda) harus ada kerja sama yang baik untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Khusus kepada Bank Sumut, diharapkan bisa menjaga nama baik dan menambah nasabah, hingga bank tersebut menjadikannya yang utama dalam urusan menabung sampai pada transaksi bisnis.
 
"Kalau sisi intelektualnya mereka (pengelola bank) itu jagonya. Tinggal komunikasi ini lah yang perlu peran pemerintah daerah untuk sama-sama kita tingkatkan. Kalau jumlahya 50 % saja dari warga Sumut, kan sudah ada paling tidak 6 juta rekening masuk. Sehingga bank itu bisa maju," sebut Edy Rahmayadi.
 
Mengakhiri sambutannya, Edy pun menyampaikan doa dan harapan agar bank daerah menjadi pilihan utama masyarakatnya di daerah masing-masing, sekaligus membawa banyak manfaat. Sebagaimana diketahui, untuk FKDK BPDSI Wilayah Barat terdapat delapan bank daerah yakni Bank Aceh, Bank Sumut, Bank Nagari, Bank Riau Kepri, Bank Jambi, Bank Bengkulu, Bank Sumsel Babel dan Bank Lampung.
 
Sekretaris Umum FKDK BPDSI Peggy Mekel dalam sambutannya mengapresiasi perhatian dan dukungan yang diberikan oleh kepala daerah atas keberadaan forum ini. Terlebih lagi, di setiap kegiatan seperti saat itu, Bank Sumut sebagai pelaksana kegiatan juga menunjukkan bagaimana menjadi tuan rumah yang baik bagi tamunya.
 
"Terima kasih kepada kepala daerah yang memberikan perhatiannya kepada BPD yang ada. Terutama kepada Gubernur Sumut, ternyata kegiatan seperti ini begitu didukung. Untuk itu kita patut bersyukur. Salam dari Ketua Umum yang belum bisa bergabung bersama kita, karena masih dalam perjalanan," sebutnya.
 
Sedangkan dalam penyampaian singkat, Komisaris Utama Bank Sumut Riza Fahlevi Hasibuan menyampaikan bahwa memang kondisi perekonomian Indonesia masih belum cukup baik, dimana inflasi masih tinggi. Ditambah lagi masuknya era disrupsi teknologi yang berpengaruh kepada dunia perbankan. Sebab orang sudah mulai menggunakan uang elektronik melalui berbagai layanan aplikasi seperti OVO.
 
Untuk itu, melalui kegiatan bersama antara BPDSI se Sumatera ini, dirinya berharap terbangun kerja sama yang baik untuk menumbuhkembangkan bank daerah menjadi yang terdepan, setidaknya di daerah masing-masing.
 
Hadir pada kegiatan tersebut Kepala OJK Regional 5 Sumbagut Yusuf Ansori, Advisor Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Lukdir Gultom, para Komisaris BPD se-Sumatera, Direksi Bank Sumut dan direksi BPD lainnya. Gubernur pun dihadiahi pelakat sebagai tanda penghormatan dari FKDK BPDSI.(BS03)
T#g:BPDBank Pembangunan DaerahRakerwil FKDK BPDSgubernur sumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pimpin Rakor KSN Mebidangro, Edy Rahmayadi Ingatkan Semua Pihak Tentang Perpres 62/2011

    Beritasumut.com–Untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan terintegrasi Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro) dibutuhkan kes

  • 6 hari lalu

    Peduli Nasib Warga Sumut di Wamena, Dekan Fisipol UMA Puji Sikap Gubernur

    Beritasumut.com–Sikap dan kepedulian Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terhadap warga Sumut yang mengungsi akibat bencana sosial

  • 6 hari lalu

    Gubernur Sumut Cepat Tangani Pengungsi Wamena, Ketua Karang Taruna Sumut Berikan Apresiasi

    Beritasumut.com–Kepedulian Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terhadap persoalan warga Sumut yang mengungsi akibat bencana sosial

  • 7 hari lalu

    Gubernur Harapkan Bank Sumut Besarkan Nama Sumut di Batam

    Beritasumut.com–Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Bank Sumut untuk memberikan kontribusi bagi Provinsi Sumut dan Kepualua

  • 7 hari lalu

    Pelantikan Pengurus PPJI Sumut, Pemprov Harapkan Pelaku Industri Berikan Manfaat ke Masyarakat

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan para pelaku industri kuliner dapat memberi manfaat bagi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.