Ekonomi

Gelar Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan 2020, Plt Wali Kota Medan: Kembangkan dan Sejahterakan Pelaku Usaha

Gelar Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan 2020, Plt Wali Kota Medan: Kembangkan dan Sejahterakan Pelaku Usaha
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi secara resmi membuka Gelar Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan Tahun 2020 di Manhattan Times Square, Jalan Gatot Subroto Nomor 217 Medan, Kamis (12/03/2020).
 
Dalam kegiatan ini, Plt Wali Kota Medan berharap dapat menjadi jalan untuk mengembangkan dan mensejahterakan para pelaku usaha. "Selain itu kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana untuk saling tukar menukar informasi mengenai Produk UMKM," ujar Plt Wali Kota Medan, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (12/03/2020).
 
Turut hadir dalam kegiatan itu, Plt Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Akhyar, Ketua Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) Jabmar Siburian, GM Manhattan Square Albert Simas, Kadis Koperasi dan UMKM Dra Edliaty Siregar, serta Pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan Pengurus TP PKK Kota Medan.
 
Dalam Gelar Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan Tahun 2020, terdapat 70 Stand mengikuti serta memeriahkan kegiatan ini. Barang yang dijual juga unik, seperti perhiasan, makanan ringan, aksesoris rumah, serta produk olahan dari barang bekas, seperti batok kelapa, bambu, hingga bulu sikat yang diubah menjadi hiasan rumah berbentuk sepeda motor. Bahkan juga ada Produk UMKM Hasil warga Binaan Lapas Tanjung Gusta Medan.
 
Dikatakan Plt Wali Kota Medan, ke depannya tantangan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan semakin berat. Sebab bukan hanya sekedar untuk memberikan pelatihan terhadap pelaku usaha, tetapi harus melakukan terobosan bagaimana cara untuk menjaga kualitas dan mempromosikan produk yang dihasilkan pelaku UMKM. "Pelaku UMKM yang ada di Kota Medan saat ini semuanya memiliki kreatif yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari Produk UMKM yang dihasilkan. Akan tetapi memiliki kelemahan yakni marketing atau pemasaran. Oleh karena itu melalui Kegiatan ini diharapkan menjadi jalan untuk mengembangkan dan mensejahterakan pelaku usaha," kata Plt Wali Kota Medan.
 
Plt Wali Kota Medan juga berharap kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan agar dapat membantu legalitas izin usaha agar secara hukum pelaku UMKM dapat terlindungi dan produk yang dihasilkannya menjadi Produk yang memiliki hak paten. "Mari kita bersama-sama kembangkan Produk UMKM, jika sudah berkembang dan tumbuh maka perekonomian Kota Medan juga akan maju. Oleh karena itu, Program Yok Bikin Cantik Medan merupakan program untuk memajukan Perekonomian, artinya dengan Medan Cantik, Indah, Bersih dan Bebas Sampah, maka wisatawan akan nyaman dan berbelanja di Kota ini," ungkap Plt Wali Kota Medan.
 
Sebelumnya, Kadis Koperasi dan UMKM Edliaty Siregar menjelaskan bahwa, gelar Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan tahun 2020 yang digelar dari tanggal 09- 15 Maret ini diharapkan selain menaikkan omset penjualan juga dapat membuka jaringan yang luas di pasar-pasar modern serta dapat saling bertukar informasi mengenai Produk UMKM unggulan. "Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan perlombaan Fashion show anak dan pemilihan stand terbaik. Diresmikan pula Galeri Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan yang terletak di Lantai 2 Mall Manhattan," jelasnya.
 
Selanjutnya Plt Wali Kota Medan bersama Plt Ketua TP PKK Kota melakukan peninjauan stand dan peresmian Galeri Gelar Produk UMKM dan Koperasi. "Dengan adanya Galeri ini diharapkan masyarakat Kota Medan maupun Wisatawan dapat melihat dan membeli Produk UMKM Kota Medan," pungkasnya. (BS09)