Ekonomi

Gebyar Kerajinan Daerah Sumut 2016 di Gelar di Merdeka Walk


Gebyar Kerajinan Daerah Sumut 2016 di Gelar di Merdeka Walk
beritasumut.com/BS03
Ketua Dekranas Sumut menandatangani MoU isaksikan gubsu dan ketua Dekranasda kabunaten/kota.

Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumut menggelar Gebyar Kerajinan Daerah Sumut 2016 di Merdeka Walk Medan sejak Jumat kemarin (02/09/2016). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubsu Erry Nuradi ini akan digelar selama tiga hari hingga Minggu besok (04/09/2016).

Gebyar Kerajinan Daerah menampilkan pameran sejumlah produk kerajinan unggulan daerah yang diikuti oleh Kabupaten/kota di Sumut dan perajin yang menjadi binaan Dekranas Provinsi Sumatera Utara.

N Erry Nuradi berharap melalui gebyar tersebut daerah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengrajin untuk promosi . Gencarnya pembangunan dan pengembangan pariwisata di Sumut khususnya kawasan Danau Toba menurut Gubsu harus dapat disikapi para pengrajin daerah. Diantaranya mempersiapkan kualitas produk kerajinan yang lebih baik.

Dikatakan Erry, di Sumut saat ini memiliki 2,5 juta pelaku usaha, dimana 40% diantaranya adalah usaha mikro, 30% usaha menengah dan 30% usaha kecil. Meski cukup banyak produk kerajinan usaha kecil asal Sumut yang sudah menembus ekspor, namun sebagian besar masih dalam tahap pengembangan.

“Sebenarnya untuk membantu menghidupkan industry kerajian ini, masyarakat Sumut juga harus memberikan dukungan dalam bentuk menanamkan rasa cinta akan produk kerajinan daerah sendiri. Mari kita pakai tenunan Sumut,” imbuh Erry.

Kepada para pengrajin, Erry berpesan untuk menuangkan ide dan kreatifitas dengan tidak melupakan ciri khas daerah sendiri, meningkatkan kualitas dengan harga yang kompetitif agar bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional.  

Dikatakan Erry kegiatan Gebyar Kerajinan Daerah sudah menjadi agenda tahunan Pemprov Sumut melalui Badan Penanaman Modal dan Promosi bekerjasama dengan Dekranas Daerah Sumut.(BS03)


Tag:produk lokal