Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Diusulkan Ada Nation Brand Yang Menunjukkan Produk Indonesia

Diusulkan Ada Nation Brand Yang Menunjukkan Produk Indonesia

Rabu, 28 September 2016 16:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Meski belum menghasilkan keputusan mengenai nation brand yang bisa mewakili citra positif Indonesia, Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/09/2016) sore, mengusulkan untuk menyamakan logo dan slogan untuk promosi sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi Indonesia.

“Kita punya dua, ‘remarkable Indonesia’ dan ‘wonderful Indonesia’, diusulkan logonya disamakan atau bentuk hurufnya, dan tetap menggunakan logo burung garuda dengan lima warna yang ada di ‘wonderful Indonesia’,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Pemerintah, ujar Menpar, akan membuat satu family brand agar orang tahu kalau pada logo atau warna brand itu adalah produk Indonesia, serta tidak mengunakan brand sendiri-sendiri untuk setiap produk.

“Nanti contohnya kalau ada teh, misalnya dicap ‘wonderful Indonesia’ sehingga semua orang tahu, atau dicap gambar merah putih ditulisin Indonesia. Itulah yang kita maksud dengan country brand. Semua produk-produk yang kita hasilkan yang kita ekspor di-brand dengan Indonesia,” jelas Arief, seperti dilansir setkab.go.id.

Mengenai pengaruh adanya country brand itu, Arief Yahya menjelaskan, berdasarkan penelitian jika Indonesia mempunyai country brand yang kuat, 10 kenaikan brand-nya akan meningkatkan 11 persen pariwisata dan 2 persen investasi. “Semakin terpuruk suatu negara, brand-nya turunnya juga sama, pariwisatanya akan turun dulu, baru investasinya dia akan turun. Pariwisata, perdagangan, dan investasi itu sangat terkait dengan kekuatan brand suatu negara,” terang Arief.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengemukakan negara lain juga memiliki brand yang berbeda untuk promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi  dan baru sekarang ini beberapa ingin menyatukan itu, dalam sebuah family branding.

“Jadi, ada ‘incredible India’, ada ‘invest India‘, dia buat ‘made in India‘,” kata Arief mencontohkan slogan yang berbeda untuk setiap promosi pariwisata, investasi, dan produk India.

Sementara di Inggris Raya, lanjut Arief, sudah menggunakan satu slogan yaitu ‘Great Britain‘. “UK dengan ‘Great Britain‘ itu satu. ‘Wonderful Indonesia‘ itu bagus, dan dipertimbangan sebagai referensi untuk mengembangkan country branding kita,” pungkas kata Arief.(BS01)

T#g:TKDNproduk lokal
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Presiden Jokowi Minta Pemilik Mal Beri Ruang Strategis Brand Lokal

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa pasar Indonesia gede sekali, jangan sampai pasar yang ada yang besar ini dikuasai o

  • 2 bulan lalu

    Kementerian ESDM Siapkan Infrastruktur Pendukung Mobil Listrik

    Beritasumut.com-Pemerintah terus mempersiapkan sekaligus mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Terkait masterplan, Kementeria

  • 2 tahun lalu

    DPR Menentang Penghapusan Regulasi Syarat TKA di Sektor Migas

    Beritasumut.com-Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) meminta Pemerintah untuk mengkaji ulang kebijakan pencabutan penghapusan Tenaga

  • 3 tahun lalu

    Digelar 12-16 Oktober, Mendag Targetkan Transaksi Trade Expo Indonesia Tembus Rp 2 Triliun

    Beritasumut.com-Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menargetkan pameran internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2016, yang digelar di

  • 3 tahun lalu

    Menperin Ajak Pengusaha Muda Tangkap Peluang di Industri Prioritas

    Beritasumut.com-Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto tengah fokus mengembangkan industri prioritas yang terdiri dari industri pangan, farmasi,

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.