Sabtu, 17 Agustus 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Cipta Menu Pangan Beragam, Diharapkan Dapat Kurangi Ketergantungan Beras

Cipta Menu Pangan Beragam, Diharapkan Dapat Kurangi Ketergantungan Beras

Jumat, 28 Juni 2019 12:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin menghadiri acara lomba cipta menu pangan beragam, bergizi , seimbang dan aman tingkat Kabuapten Langkat tahun 2019, di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, Stabat, Kamis (27/06/2019).
 
Sekda pada sambutannya, mengatakan, pelaksanaan lomba cipta menu ini, dapat menjadi momen penting yang dapat dilakukan sebagai langkah untuk menekan jumlah konsumsi beras secara bertahap. Untuk itu pihaknya sangat berharap kepada pengurus dan anggota wanita tani, mendapat bimbingan dari PKK Langkat, agar senantiasa  berusaha meningkatkan kreatifitas dalam mengolah bahan pangan.
 
“Sekaligus dapat menerapkan dan memasyarakatkan pola menu beragam, bergizi, seimbangan dan aman dilingkungan keluarga dan masyarakat,” sebutnya.
 
Sebab, kata Sekda, ketergantungan terhadap salah satu bahan pangan pokok seperti beras, perlu di kurangi secara bertahap. Semoga malalui program diversifikasi pangan atau penganekaragaman pangan, menjadi salah satu alternative upaya jangka panjang untuk mengurangi konsumsi beras.
 
“Semoga kegiatan ini menjadi  komitmen kita semua, untuk mengurangi  ketergantungan terhadap makanan pokok beras,” ujarnya.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat, Nasiruddin, pada laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah SK Bupati Langkat No: 055-1136/DISTANPANGAN/2019 tanggal 24 juli 2019, tujuannya meningkatkan  pengetahuan dan kereatifitas  masyarakat serta memasyarakatkan dan membiasakan  keluarga untuk mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk meningkatkan kulitas hidup.  
 
Untuk peserta lomba, lanjut  Nasrudin,  dari pengurus dan anggota kelompok wanita tani dari 23 kecamatan se Langkat, untuk kategori penilaiannya antara lain, komposisi menu yang memenuhi kriteria B2SA, kandungan gizi terdiri dari karbonhidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta cita rasa makanan yang dapat diterima masyarakat, serta penyajian yang menarik, rapi dan kreatif.
 
Selanjutnya, Nasirudin menginformasikan, bahwa pada 2018 berdasarkan data BPS dan Dinas Tanam Pangan dan Hortikultura Provsu, produksi Gabah Kering Panen (GKP) pada 2018 di Langkat sebesar 637.882 ton dan bila dikonversikan ke beras sebesar 333.480 ton,  dengan perimbangan beras kebutuhan sebesar 198.623 ton atau surplus 147,28 persen.
 
Untuk ternak besar, produksi daging 2018 sebesar 2.485 ton dan perimbangan daging kebutuhan  sebesar 827 ton atau surplus 149,92 persen.
 
“Sedangkan ternak unggas, produksi daging 2018 sebesar 5.899 ton dan perimbangan daging kebutuhan sebesar 927 ton atau surplus 118,64 persen,” paparnya.
 
Beralih, untuk pemenangn lomba juara I diperoleh Kecamatan Bahorok, juara II Tanjung Pura dan juara III Padang Tualang. Untuk harapan I diperoleh Kecamatan Babalan, harapan II Wampu dan harapan III Kuala.
 
Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, ketua dan wakil TP PKK Langkat dan unsur pengurus Langkat, ketua dan unsur pengurus DWP Langkat, sejumlah kepala SKPD Langkat, Camat dan ketua TP PKK Kecamatan se Langkat, pengurus gabungan kelompok tani , kelompok tani dan kelompok wanita tani se Langkat, peserta lomba cipta menu pangan serta hadirin dan undangan sekalian.(rel)
T#g:Cipta Menu Pangan BeragamPemkab LangkatBerasketahanan panganPangan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Dua Kurir Sabu Diamankan Polsek Kota Kisaran

    Beritasumut.com–Dua kurir narkotika jenis Sabu-sabu, WP alias Wanda (22) dan rekannya AK alias Ana (25), keduanya warga komplek PT BSP Tbk Bu

  • satu minggu lalu

    Pemko Medan Akan Gelar Solat Idul Adha di Lapangan Merdeka

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kabag Agama Setdako, Adlan SPd MM mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) M

  • 2 minggu lalu

    Persatuan Wredatama Prima Karya Diharapkan Berperan Kurangi Pengangguran

    Beritasumut.com–Persatuan Wredatama Prima Karya (PW Prika) Sumatera Utara (Sumut) yang beranggotakan para pensiunan PNS diharapkan dapat berp

  • 2 minggu lalu

    Meriahnya Festival Pesona Lokal 2019 di Lapangan Merdeka Medan

    Beritasumut.com-Ribuan warga Kota Medan ikut larut dalam kemeriahan Festival Pesona Lokal 2019 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Medan, Sabtu (

  • 2 minggu lalu

    Walikota Medan Harapkan Kedai Kita Permudah Warga Dapatkan Pangan Yang Lebih Terjangkau

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin SSi MSi MH diwakili Asisten Umum Renward Parapat meresmikan Kedai Kita Simalem di Pasar Kampung

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.