Jumat, 24 Januari 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Belgia Lirik Indonesia sebagai Pasar Ekspor Makanan dan Minuman di Asia Tenggara

Belgia Lirik Indonesia sebagai Pasar Ekspor Makanan dan Minuman di Asia Tenggara

Selasa, 21 November 2017 00:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Pertumbuhan industri di Indonesia menjadi daya tarik bagi para produsen kentang goreng dari Belgia untuk berpartisipasi dalam SIAL Interfood 2017 yang akan diselenggarakan di JI Expo Kemayoran Jakarta pada 22-25 November mendatang. SIAL, singkatan dari Salon International de l’Alimentation, merupakan sebuah jaringan industri makanan terbesar di dunia, yang mengadakan pekan perdagangan setiap dua tahun sekali di berbagai negara. Tahun 2017 ini, Jakarta menjadi tuan rumah.
 
Lima eksportir utama kentang goreng tersebut adalah Agristo, Bart’s Potato Company, Clarebout Potatoes, Ecofrost, dan Mydibel. Kelima perusahaan ini akan menunjukkan produksi kentang goreng terbaik mereka dalam Paviliun Kentang Goreng Belgia pada SIAL Interfood 2017. 
 
Partisipasi mereka merupakan bagian dari rencana ekspansi bisnis dan promosi ke Asia Tenggara yang dikoordinasi oleh VLAM Belgia (Badan Pemasaran Pertanian Flanders) dan Belgapom, asosiasi industri perdagangan dan pengolahan kentang Belgia. Perusahaan-perusahaan ini mewakili lima bisnis kentang goreng terbesar di Belgia yang menawarkan berbagai macam produk kentang dan spesialisasi yang diekspor ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Produk dari kelima perusahaan ini pun telah bersertifikat halal.
 
Pada eksebisi tahun ini, Belgia mengangkat kentang goreng sebagai tema utama untuk lebih menggaet pasar di Indonesia. “Tahun ini kami secara serius memperkenalkan Belgian fries (kentang goreng Belgia) di Asia Tenggara. Pasar di Indonesia telah mengenal kentang goreng, dan kami melihat banyak sekali peluang untuk lebih memperluas ekspor dan bisnis kami di wilayah ini. Asia Tenggara adalah kawasan dengan pertumbuhan yang pesat di dunia yang ditandai dengan tumbuhnya kelas menengah, pesatnya urbanisasi dan generasi muda yang begitu dinamis. Tren ini akan menumbuhkan permintaan akan makanan yang berkualitas dengan standar mutu tinggi seperti kentang goreng Belgia yang berbeda dibandingkan kentang goreng dari negara lain,” ujar Wouter Trybou dari Mydibel, salah satu anggota Belgapom melalui siaran persnya, Senin (20/11/2017).
 
Dia menambahkan, konsumen di Indonesia semakin cerdas dan selalu mencari pengalaman baru sehingga kentang goreng Belgia bisa memenuhi hasrat kuliner mereka. “Indonesia juga memainkan peran penting di kawasan Asia Tenggara dalam bidang perdagangan di bawah pasar tunggal ASEAN Economic Community,” Wouter malanjutkan.
 
Belgia sendiri merupakan eksportir kentang goreng beku terbesar di dunia dengan 90% produksi diekspor ke berbagai negara. Tahun 2016, ekspor kentang goreng Belgia naik 14,3% menjadi 1,68 juta ton dari tahun sebelumnya. Kenaikan nilai ekspor ini karena tingginya permintaan dari negara-negara di luar Uni Eropa, khususnya dari Arab Saudi, Brasil dan Cile, tiga tujuan ekspor kentang goreng beku dari Belgia.
 
Indonesia masuk dalam peringkat ke-18 dalam tujuan ekspor Belgia di luar Uni Eropa untuk produk kentang olahan dengan kentang goreng sebagai produk utamanya. Tahun 2016, Indonesia mengimpor 40.961 ton kentang goreng beku dengan total nilai EUR 40.831.000, yang mana 4.754 ton diantaranya berasal dari Belgia dan menempatkan Belgia sebagai negara importir keempat terbesar setelah Amerika Serikat, Belanda dan Kanada.
 
Kentang goreng Belgia merupakan warisan budaya Belgia. Di seluruh penjuru Belgia, Anda dapat menjumpai kedai-kedai penjual kentang goreng dengan mudah. Kentang Goreng Belgia telah diakui sebagai intangible cultural heritage dari Belgia dan masih dalam proses pengakuan dari UNESCO. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.originalfries.eu atau www.jamesbint.be. (Rel)
T#g:BelgiaEkonomieksporIndonesiaKentang GorengSIAL Interfood
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Mercedes-Benz Kembali Gelar Turnamen Golf MercedesTrophy Indonesia

    Beritasumut.com-Mercedes-Benz mengumumkan kembalinya MercedesTrophy Indonesia yang sangat dinantikan, turnamen golf internasional bergengsi yang te

  • 2 hari lalu

    Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana, Akhyar Nasution Imbau Stakeholder Optimalkan Mitigasi Bencana

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Play) Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengapresiasi pelaksanaan apel kesiapan penanggulangan bencana dan go

  • 4 hari lalu

    Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Gelar Imlek Nasional 2 Februari 2020

    Beritasumut.com-Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) akan menggelar perayaan Tahun Baru Imlek Nasional pada 2 Februari 2020, di Jakar

  • 2 minggu lalu

    Wagub Sumut Musa Rajekshah Harapkan Pesantren Dapat Berdayakan Ekonomi Umat

    Beritasumut.com-Selain menyebarkan dakwah kepada umat, pesantren memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satunya pemberdayaan ekonomi umat d

  • 2 minggu lalu

    Tak Ingin Situasi Memburuk, Indonesia Ajak Semua Pihak Cegah Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

    Beritasumut.com-Indonesia berusaha melakukan berbagai upaya untuk mencegah eskalasi ketegangan di Timur Tengah pasca serangan drone Amerika Serikat

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.