Senin, 18 Februari 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Belanda Minat Jajaki Kerja Sama Tiga Sektor dengan Sumut

Belanda Minat Jajaki Kerja Sama Tiga Sektor dengan Sumut

Kamis, 06 Desember 2018 22:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com- Pemerintah Belanda melalui Kedutaan Besarnya menyampaikan minat mereka untuk menjajaki kerja sama pada tiga sektor dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Yakni di sektor energi, sektor agraris, dan pengelolaan sampah.
 
Rombongan Kedutaan Besar Belanda diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi di ruang kerjanya Lantai 9 Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (6/12/2018).
 
“Kita Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) tentunya sangat mengapresiasi niatan baik ini. Apalagi, kita memang sedang membutuhkan bantuan untuk mengembangkan ketiga sektor tersebut,” ujar Sabrina.  
 
Sabrina menambahkan bahwa saat ini, Pemprovsu juga sedang fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata. Apalagi, Danau Toba telah ditetapkan menjadi salah satu dari sepuluh top destinasi prioritas nasional. Danau Toba, katanya, akan dijadikan ‘Bali baru’ di Sumut.
 
“Kami juga sangat terbuka jika pihak pemerintah Belanda tertarik untuk mengembangkan kerja sama di bidang pariwisata. Danau toba adalah salah satu wisata yang paling di minati di Sumut, tidak hanya taraf nasional tapi juga internasional. Jika ada waktu, silahkan berkunjung. Saat ini sedang ada Festival Danau Toba,” tutur Sabrina.
 
Terkait pengelolaan sampah, Sabrina menyampaikan bahwa dirinya menginginkan pengelolaan yang kemudian bisa menghasilkan produk baru dari sampah. “Misalnya sampah jadi energi,” katanya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan pula pada pengelolaan sampah berteknologi canggih lainnya.
 
Sabrina menyambut baik dan mengatakan akan mengadakan pertemuan lanjutan bersama dengan dinas terkait. Kemudian, akan dibahas teknis dan MoU kerja sama.
 
Sebelumnya, Hans de Brabender, Kepala Konselor untuk urusan ekonomi Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, menyampaikan bahwa saat ini mereka belum melirik kerja sama di bidang sektor wisata. Namun, katanya, dirinya dan pemerintah belanda akan mencoba menjajaki potensi kerja sama pada bidang tersebut.
 
“Mungkin bisa kita awali terlebih dahulu dengan ketiga ini, yakni energi, agraris, dan pengelolaan sampah. Terutama karena Belanda memang terkenal dengan bidang keteknikan, mudah-mudahan jika berjalan baik, bisa dilanjutkan pada sektor lain,” ucapnya.
 
Ketiga sektor tersebut, kata Hans, khususnya energi dan agraris miliki peran besar dalam memperkuat ekonomi suatu negara. “Mudah-mudahan dengan kerja sama ini, bisa menguatkan ekonomi Indonesia dan meningkatkan hubungan baik kita,” ujar Hans.
 
Turut hadir dalam pertemua tersebut Konsul Kehormatan Kerajaan Belanda untuk Medan Ony Hindra Kusuma, Policy Advisor Konsul Belanda di Medan Lukas Rahmidin, dan Senior Advisor Economic Policy Konsul Belanda di Medan Charles A Widjaja.(BS03)
 
T#g:BelandaPemprovsuSumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 22 jam lalu

    Dukung Program Pemerintah, Ikatan Alumni ITB Sumut Gelar FGD dengan Pemkab Labuhanbatu

    Bertasumut.com-Ikatan Alumni ITB Daerah Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemk

  • 24 jam lalu

    Dirpamobvit Polda Sumut Minta Mahasiswa Harus Pintar Bedakan Berita Hoax

    Beritasumut.com-Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) mengikuti dialog interaktif dengan tema 'Isu terkini tentang peraturan peru

  • 2 hari lalu

    Kapolda Sumut Lepas 2.000-an Rider di Acara NegGas Bareng Komunitas Trail

    Beritasumut.com-Sekitar 2.000-an rider ikut ambil bagian dalam acara NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut 2019. Acara yang berlangsung di Lapa

  • 2 hari lalu

    Walikota Medan Hadiri Peluncuran Buku Kapolda Sumut

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Kaban Kesbangpol Kota Medan Sulaiman Harahap SH MSP mengahdiri acara peluncura

  • 3 hari lalu

    NgeGas Bareng Komunitas Trail Polda Sumut, 2000 Rider Bakal Disuguhi Trek Menantang

    Beritasumut.com-Menempuh jarak 80 kilo meter melewati daerah Medan dan Deli Serdang, 2000 rider bakal disuguhi dengan trek menantang di ajang NgeGa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.