Ekonomi

Bank Indonesia Sosialisasikan QRIS di Pasar Petisah Medan


Bank Indonesia Sosialisasikan QRIS di Pasar Petisah Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Bank Indonesia (BI) menerapkan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) yaitu standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Bentuknya adalah layanan transaksi digital nontunai untuk pembeli melakukan transaksi pembayaran kepada pedagang.
 
Menyikapi hal ini, Pemerintah Kota (Pemko) Medan, dalam hal ini Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, mendukung dan menyambut baik adanya program QRIS ini. Demikian ungkap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Medan Khairul Syahnan ST MAP, saat menghadiri pembukaan pekan sosialisasi QRIS Nasional tahun 2020, di Pasar Tradisional Petisah Medan, Kamis (12/03/2020).
 
"Pada prinsipnya Pemko Medan mendukung program QRIS ini. Diharapkan sosialisasi ini dapat berjalan lancar sehingga masyarakat pun semakin mengetahui tentang penggunaan QRIS ini," kata Khairul Syahnan dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (12/03/2020). Turut hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat, Plt Dirut PD Pasar Nasib SSos MSi, dan sejumlah pedagang Pasar Petisah yang hadir.
 
Khairul Syahnan berharap, nantinya program QRIS ini dapat semakin memudahkan para pedagang dan masyarakat dalam melakukan pembayaran. "Dengan adanya program ini kami berharap semakin memudahkan dalam melakukan pembayaran sekaligus dapat semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kota Medan," imbuhnya.
 
Sementara itu Kepala Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan bahwa sosialisasi ini tidak hanya dilakukan di Kota Medan saja tetapi juga di seluruh Indonesia. "QRIS ini sendiri merupakan program dari BI berupa alat pembayaran secara elektronik yang tersetandarisasi. Tujuannya ialah agar menstandarisasi pembayaran dan memudahkan pedagang untuk melakulan pembayaran," ungkapnya.
 
Perkembangan alat pembayaran kian semakin canggih, lanjut Wiwiek, karena itu BI meluncurkan QRIS untuk memberikan kemudahan bagi pedagang dalam melakukan pembayaran. Wiwiek juga menjelaskan keuntungan dari menggunakan QRIS ini bagi pedagang ialah memberikan rasa aman dalam melakukan transaksi, dan mampu meningkatkan omzet penjualan karena dapat dipergunakan dalam melakukan transaksi disemua dompet digital. "Jadi semuanya bisa mendapat keuntungan bila menggunakan Qris ini," tutup Wiwiek. (BS09)

Tag:Bank IndonesiaPasar PetisahPemko MedanQRIS