Jumat, 22 November 2019
  • Home
  • Tekno
  • Peringatan Harteknas Untuk Menghargai Penerbangan Perdana Pesawat N-250

Peringatan Harteknas Untuk Menghargai Penerbangan Perdana Pesawat N-250

Senin, 10 Agustus 2015 12:18:00
BAGIKAN:
Istimewa
Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis mempimpin apel peringatan Harteknas.
Beritasumut.com - Plh Wali Kota Medan Syaiful Bahri Lubis memimpin apel Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) di halaman Kantor Wali Kota Medan, Jalan Maulana Lubis, Medan, Senin (10/8/2015). Apel dihadiri Asisten, Pimpinan SKPD, Camat, dan staf jajaran Pemko Medan. 

Harteknas yang diperingati setiap 10 Agustus sesuai Keppres Nomor 71/1995, dimaksudkan untuk menghargai keberhasilan putra-putri bangsa Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai dan mengembangkan iptek yang berawal dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatot Kaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

Tema peringatan Harteknas kali ini adalah, "Inovasi Iptek Untuk Daya Saing Bangsa", agar penelitian dan pengembangan iptek menjadi sebuah solusi bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia internasional.

Di sisi lain, tuntutan masyarakat akan kemudahan dan kecepatan dalam peningkatan produktivitas serta pelayanan yang prima juga membutuhkan teknologi yang inovatif.

"Untuk mampu sejajar dengan negara-negara lain kita harus memenuhi beberapa kriteria, pertama yaitu sudah mempunyai tingkat produktivitas dan daya saing yang tinggi, kedua pelayanan yang bertintegrasi dan efektif serta ketiga kepedulian akan lingkungan dan sumber daya alam," ujar Syaiful.

Menurutnya, Medan yang diobsesikan sebagai kota masa depan yang berdaya saing, humanis dan sejahtera tentu harus diisi dengan sumber daya manusia yang berkualitas, masyarakatnya bermartabat dan toleran, infrastruktur dan fasilitas umum yang lengkap dan nyaman, roda perekonomian yang berputar lancar yang pada akhirnya terwujud masyarakat sejahtera yang berkeadilan.

Dalam momen peringatan Harteknas ini, Plh Wali Kota Medan juga mengajak semua untuk meningkatkan kecintaan terhadap penguasaan dan pengembangan iptek guna mewujudkan masyarakat teknologi. Peran SDM lebih menentukan dan informasi sangat cepat mengalir, disadari bahwa tidak semua informasi itu membawa dampak positif sehingga harus meningkatkan ketahanan budaya untuk mengamankan kualitas Iman dan takwa guna melengkapi pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Pemerintah Kota Medan selama ini telah menerapkan berbagai inovasi iptek dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dalam menjalankan roda pemerintahan, namun kita tidak boleh puas dengan hal tersebut karena dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN persaingan lebih ketat lagi dan berat, maka untuk itu harus kuasai dan pelajari teknologi tersebut," katanya. (BS-001)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.