Senin, 18 November 2019

    10 Maskapai Penerbangan Paling Aman

    Sabtu, 03 Januari 2015 12:58:00
    BAGIKAN:
    Qantas. (dw.de)
    Beritasumut.com Tingkat kecelakaan rendah, pelayanan bagus, tepat waktu. Ini dikalkulasi dari jumlah penumpang dan jarak tempuh.

    Dikutip dari dw.de, Sabtu (3/1/2015), itu kriteria penetapan ranking maskapai teraman, dirilis lembaga JACDEC sebelum kecelakaan MH370 dan MH17.

    Air New Zealand

    Maskapai penerbangan Selandia Baru ini didirikan 70 tahun lalu, dan sejak 30 tahun terakhir tidak mencatat satupun kecelakaan. Satu-satunya kecelakaan fatal terjadi Tahun 1979 dengan 257 korban tewas, namun setelah 30 tahun lewat, tidak dihitung lagi dalam statistik.

    Cathay Pacific Airlines, Hongkong

    Maskapai penerbangan yang bermarkas di Hongkong ini sejak 38 tahun terakhir tidak mencatat satu pun insiden, dan mendarat di ranking kedua maskapai teraman.

    Finnair, Finlandia

    Didirikan Tahun 1923, maskapai penerbangan Finlandia ini sejak 1963 tidak mencatat satupun insiden, hingga menempati peringkat tiga dalam ranking yang disusun lembaga pemantau keselamatan penerbangan JACDEC yang bermarkas di Jerman.

    Emirates

    Perusahaan yang bermarkas di Uni Emirat Arab ini sejak 15 tahun terakhir terbang tanpa mengalami insiden dan terkenal karena pelayanannya yang bagus.

    EVA Air, Taiwan

    Sejak Tahun 1984 tidak mencatat insiden kecelakaan apapun. Sekitar 22 tahun lalu mengalami insiden tanpa korban jiwa.

    British Airways

    Maskapai penerbangan Inggris ini didirikan Tahun 1974. Dari Tahun 1984 hingga statistik disusun, tercatat satu kali kecelakaan tanpa korban jiwa.

    TAP Portugal

    Perusahaan penerbangan Portugal ini didirikan Tahun 1945 dengan rute utamanya menuju ke Amerika Selatan dan terkenal dengan standar keamanannya yang cukup tinggi. Dalam sejarahnya perusahaan ini hanya satu kali mengalami kecelakaan fatal dengan 131 korban tewas.

    Etihad Airways

    Maskapai penerbangan Uni Emirat Arab yang didirikan Tahun 2003 ini belum pernah mengalami kecelakaan maupun insiden, servisnya terkenal bagus, dalam ranking pengamat keselamatan penerbangan Jerman, JACDEC, menempati posisi 8.

    Air Canada

    Maskapai penerbangan Kanada ini sejak Tahun 1984 hanya mencatat satu kali insiden tanpa korban jiwa. Kecelakaan terakhir terjadi 16 tahun lalu. Posisinya dalam ranking naik tajam ke peringkat 9 dari peringkat 25 pada statistik tahun sebelumnya.

    Qantas, Australia

    Maskapai penerbangan Australia ini didirikan Tahun 1920 dan sejak 50 tahun terakhir tidak mencatat kecelakaan fatal. Belakangan terjadi beberapa kali insiden tapi tidak ada korban jiwa. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
    Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.