Selasa, 17 September 2019

    Wong Chun Sen: 17 Agustus Momen Tingkatkan Nasionalisme

    Kamis, 20 Agustus 2015 14:36:00
    BAGIKAN:
    Istimewa
    Wong Chun Sen.
    Beritasumut.com - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan Wong Chun Sen mengatakan, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerekaan ke-70 Republilk Indonesia dapat menjadi momentum untuk membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat. 

    "Peringatan hari kemerdekaan Indonesia harus kita jadikan momen untuk membangkitkan rasa nasionalisme yang saat ini mulai pudar di kalangan masyarakat negeri ini," ujar Wong Chun Sen di ruangan Komisi B DPRD Medan, Rabu (19/8/2015).

    Salah satu indikasi memudarnya rasa nasionalisme warga Indonesia terlihat dari kurangnya kepedulian terhadap pelestarian dan penghargaan terhadap hasil serta karya bangsa sendiri. 

    "Masyarakat saat ini cenderung menyukai budaya asing daripada budaya bangsanya sendiri. Contohnya warga lebih menyukai hal-hal berbau asing. Akibatnya tarian, permainan, lagu bahkan bahasa daerah sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan," katanya.

    Rasa nasionalisme perlu dibangkitkan kembali, sehingga nantinya bangsa Indonesia semakin berjaya dengan semakin berkembangnya pembangunan berbasiskan kearifan lokal. Bangsa Indonesia akan sejajar dengan negara lain tanpa kehilangan jati dirinya.

    Ia mengatakan, masyarakat memang harus bisa mengarungi hidup secara modern dan mengikuti perkembangan zaman. Tetapi nilai-nilai perjuangan serta cita-cita luhur pejuang bangsa harus dipertahankan, guna membangun Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat dan menjunjung nilai-nilai adat dan budaya.

    Menurut dia, contoh lain mulai hilangnya rasa nasionalisme yakni berkurangnya warga yang memasang bendera Merah Putih saat peringatan hari besar nasional seperti 17 Agustus. 

    Terkait Pilkada Medan, Ketua Generasi Muda Buddhis (Gemabudhi) Kota Medan ini mengatakan, masyarakat Medan harus bersatu karena itu merupakan unsur kekuatan. 

    “Perbedaan pilihan itu pasti ada, dan itu adalah hal yang lumrah. Berbeda adalah dinamika, khazanah karena merupakan karunia dari Tuhan. Akan lebih baik jika kita mendalami nilai luhur Bhinneka Tunggal Ika, karena kita semua sejatinya adalah satu tujuan, yakni Indonesia merdeka, sejahtera dan berkeadilan,” ucap Wong Chun Sen. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Inilah 68 Nama Petugas Paskibraka Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI 2016, Dua dari Sumut

    Beritasumut.com-Setelah menjalani seleksi ketat sejak akhir pekan lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara resmi mengumumkan 68 petuga

  • 5 tahun lalu

    Dilantik Jadi Anggota DPRD Medan, Wong Chun Sen Syukuran

    Medan, (beritasumut.com) – Dua hari setelah dilantik menjadi Anggota DPRD Medan masa jabatan 2014-2019, Wong Chun Sen Tarigan menggelar syukuran bersa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.