Senin, 16 Desember 2019

    Walikota Medan Temukan Parit Sulang Saling Ditembok

    Jumat, 22 Februari 2013 23:57:00
    BAGIKAN:
    Ist

    Medan, (beritasumut.com) – Pemicu terjadinya banjir di Jalan Garu III, Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara ternyata akibat pihak pengembang Villa Harjosari I membangun tembok beton di parit Sulang Saling, persisnya di bawah titi depan Masjid Al Jihad yang berada di Villa Harjosari I. Akibatnya ketika hujan deras turun, air tidak dapat mengalir sehingga meluap dan menggenangi rumah warga. Tak pelak warga yang rumahnya tergenang air sempat  menggelar aksi di Kantor Camat Medan Amplas beberapa waktu lalu.

    Hal ini terungkap ketika Walikota Medan meninjau Villa Harjosari I, Kamis (21/02/2013). Temuan ini berawal dari upaya pegawai Dinas Bina Marga yang melakukan pengorekan di parit Sulang Saling. Setelah dilakukan pengorekan, air parit ternyata tetap tidak mengalir. Setelah diperiksa akhirnya ditemukan ada tembok beton yang menutup parit Sulang Saling.

    Tembok beton itu selama ini tidak terlihat karena dipasang di bawah titi persis di depan Masjid Al Jihad. Atas temuan itu Walikota Medan langsung memerintahkan Dinas Bina Marga untuk membongkar sebagian titi. Setelah itu barulah tembok beton dibongkar.

    “Saya minta tembok beton yang ditemukan di parit Sulang Saling dibongkar hari juga, sebab tembok itulah yang  menyebabkan air tidak dapat mengalir. Pantas saja ketika hujan deras terjadi, air parit meluap sehingga menggenangi rumah warga. Kalau itu sudah dibongkar, Insya Allah air tidak akan menggenangi rumah warga,” kata Walikota.

    Perintah Walikota langsung ditindaklanjuti sbeberapa pegawai Dinas Bina Marga yang telah berada di tempat itu sebelumnya. Dengan menggunakan bor mesin, salah seorang pegawai membongkar beton titi. Usai melakukan pembongkaran, mereka kemudian memotong besi titi untuk selanjutnya membongkar tembok beton yang berada di bawahnya.

    Setelah itu Walikota memeriksa aliran parit Sulang Saling lainnya. Dari pemeriksaan yang dilakukan, sekitar 100 meter dari tembok beton juga ditemukan penyempitan parit. Karenanya, Walikota minta penyempitan itu segera ditangani dan kembalikan sesuai dengan lebar parit sebelumnya. Kadis Bina Marga Khairul Syahnan langsung mengamini isntruksi Walikota tersebut.

    Dari Villa Harjosari I, Walikota dengan berjalan kaki memantau pengorekan drainase di Jalan Garu III. Belasan pegawai Dinas Bina Marga terlihat sedang mengangkati lumpur dari dalam parit. Kehadiran Walikota langsung disambut suka cita warga setempat, sebab mereka tidak menyangka orang nomor satu di Pemko Medan langsung menindaklanjuti keluhan terkait genangan air yang selama ini acap kali menimpa.

    “Terima kasih Pak Wali, keluhan kami langsung ditanggapi. Selama ini setiap hujan deras turun, rumah kami selalu tergenang air. Hal ini terjadi setelah pihak pengembang membangung Villa Harjosari I,” kata salah seorang ibu rumah tangga yang datang menghampiri Walikota.

    Kepada ibu paro baya tersebut, Walikota selanjutnya menjelaskan apa yang menjadi pemicu terjadinya genangan air selama ini. Dengan dilakukannya pembongkaran, diharapkan rumah warga yang berada di sekitar parit Sulang Saling tidak akan digenangi air lagi. Tak lupa dalam kesempatan itu Walikota minta dukungan warga untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke parit, sebab tindakan itu dapat menyebabkan parit tersumbat yang akhirnya akan memicu terjadinya banjir. (BS-024)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Sungai Mencirim Dipenuhi Sampah

    Beritasumut.com-Sungai Mencirim merupakan salah satu sungai dalam wilayah Propinsi Sumatera Utara yang secara geografis terletak pada 03o 03’40&

  • 3 tahun lalu

    Tersangka Bersama Ramadhan Pohan, Savita Juga Tidak Ditahan

    Beritasumut.com-Penyidik Subdit II/Harta Benda, Bangunan dan Tanah (Hardabangtah) Polda Sumut juga tidak akan melakukan penahanan kepada Savita Linda

  • 3 tahun lalu

    Binjai Ajukan Proposal Bantuan Banjir untuk Dua Kelurahan

    Beritasumut.com-Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Kota Binjai segera mengirimkan proposal bantuan korban banjir ke pemerintah pusat. Bantuan

  • 3 tahun lalu

    Terkait Pilkada Medan, Ramadhan Pohan Ditangkap Polda Sumut

    Beritasumut.com-Dua kali tak memenuhi panggilan sebagai tersangka, Polda Sumut akhirnya menjemput paksa Mantan Calon Walikota Medan Ramadhan Pohan dar

  • 3 tahun lalu

    Wakil Walikota Medan Apresiasi Dhamma Talk Bukan Siapa Siapa

    Beritasumut.com-Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi mengapresiasi digelarnya seminar Dhamma Talk Bukan Siapa-Siapa, sebab acara seminar ini m

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.