Kamis, 18 Juli 2019

    Leasing Mendominasi Perkara

    Walikota Medan Lantik Anggota BPSK 2014-2019

    Rabu, 16 Juli 2014 23:23:00
    BAGIKAN:
    Anggota BPSK Kota Medan Periode 2014-2019 yang dilantik. (Ist)
    Medan, (beritasumut.com) – Munculnya potensi konflik antara produsen/pedagang dengan konsumen sering kali diakibatkan minimnya pengetahuan masyarakat akan hak dan kewajiban yang melekat pada dirinya ketika dia bertindak dan disebut sebagai konsumen. Untuk itulah perlu dibentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di semua daerah di Indonesia termasuk di Kota Medan.

    Hal ini dikatakan Walikota Medan Dzulmi Eldin pada pelantikan Anggota BPSK Kota Medan Periode 2014-2019 di Balaikota Medan, Rabu (16/7/2014). Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan RI Nomor: 676/M-DAG/KEP/4/2014 Tanggal 22 April 2014.

    Dikatakan, BPSK adalah wujud tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang bertindak sebagai media, baik itu melalui konsiliasi, mediasi dan juga arbitrase dalam menyelesaikan seluruh sengketa konsumen.

    Keberadaan BPSK juga diharapkan dapat menciptakan iklim dunia usaha yang lebih sehat serta turut mendorong lahirnya perusahaan yang tangguh dalam menghadapi persaingan melalui penyediaan barang dan jasa yang semakin berkualitas dan harga yang wajar di tengah-tengah masyarakat.

    Menurutnya, sebagai kota yang berkembang tentunya dihadapkan kepada berbagai persoalan ketidak puasan masyarakat terutama terhadap berbagai transaksi jual beli perseorangan, organisasi maupun korporasi.

    Terlebih lagi dengan semakin dekatnya pemberlakuan era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Di era ini Indonesia akan semakin dibanjiri produk amupun sumber daya dari seluruh negara tetangga dikawasan ASEAN.

    “Kita berharap dengan terbentuknya BPSK ini akan memudahkan bagi pelaku usaha bersama konsumen apapun yang menjadi perselisihan bisa diselesaikan secara arif dan bijaksana, sesuai dengan aturan yang berlaku. Momentum ini kita jadikan motivasi bagi pelaku usaha dan konsumen untuk bisa bekerjasama dalam meningkatkan produsifitas dan mengembangkan industrinya,” ujarnya.

    Eldin juga berpesan kepada pengurus BPSK yang baru dilantik agar dapat bekerja profesional untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul di tengah-tengah masyarakat, sehingga kota Medan tetap memiliki atmosfer yang sejuk, bukan saja bagi konsumen namun juga untuk dunia usaha.

    Kemudian BPSK perlu didorong untuk memperluas akses masyarakat terhadap badan ini, disamping memonitor berbagai strategi pemasaran yang dapat merugikan konsumen.

    Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Syahrizal Arif dalam kesempatan itu menjelaskan, BPSK adalah salah satu badan yang menyelesaikan sengketa antara  produsen dan konsumen, merupakan badan independen yang bisa memberikan solusi konsumen dan produsen.

    Di BPSK setiap hari perkara masuk dan diselesaikan. Dari Januari sampai Juli 2014, sudah 78 perkara yang masuk. Perkara yang masuk terkait asuransi, real estate dam leasing. Masalah yang paling banyak masuk adalah leasing.

    Susunan Anggota BPSK Kota Medan, dari unsur pemerintahan yakni Syahrizal Arif, Usma Polita, Suriono, Abdul Rahim, Eben Ezer Panggabean, dari unsur konsumen yakni M Dharma Bakti Nasution, Erlina, Siti Aisyah Dana, Muhammad Irfan, Faisal Riza, dari unsur pelaku usaha yakni Sulazy, Azwar, Ahsanul Fua’ad Saragih, Khairul Mahali dan M Djanel Hamjas. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Tersangka Bersama Ramadhan Pohan, Savita Juga Tidak Ditahan

    Beritasumut.com-Penyidik Subdit II/Harta Benda, Bangunan dan Tanah (Hardabangtah) Polda Sumut juga tidak akan melakukan penahanan kepada Savita Linda

  • 3 tahun lalu

    Terkait Pilkada Medan, Ramadhan Pohan Ditangkap Polda Sumut

    Beritasumut.com-Dua kali tak memenuhi panggilan sebagai tersangka, Polda Sumut akhirnya menjemput paksa Mantan Calon Walikota Medan Ramadhan Pohan dar

  • 3 tahun lalu

    Wakil Walikota Medan Apresiasi Dhamma Talk Bukan Siapa Siapa

    Beritasumut.com-Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi mengapresiasi digelarnya seminar Dhamma Talk Bukan Siapa-Siapa, sebab acara seminar ini m

  • 3 tahun lalu

    Audiensi dengan Walikota Medan, APSINDO Sampaikan Bidik Limbah Plastik dari TPA

    Beritasumut.com-Asosiasi Pengguna dan Pengelola Skrap Plastik Indonesia beraudinesi ke Walikota Medan Duzumi Eldin di Kantor Walikota Medan, Rabu (29/

  • 3 tahun lalu

    Walikota Medan Lantik Dewan Kesenian Medan Periode 2016-2020

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Mi mengukuhkan Pengurus Dewan Kesenian Medan periode 2016-2020 di Balai Kota, Senin (27/6/2016).

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.