Walikota Binjai Serahkan Bantuan Peralatan Usaha Kepada Kelompok UMKM

Walikota Binjai Serahkan Bantuan Peralatan Usaha Kepada Kelompok UMKM
Binjaikota.go.id
Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menyerahkan bantuan peralatan usaha untuk Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kantor Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag, Jalan Gatot Subroto, Binjai, Sumatera Utara, Selasa (08/01/2013).
Binjai, (beritasumut.com) Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menyerahkan bantuan peralatan usaha untuk Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kantor Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag, Jalan Gatot Subroto, Binjai, Sumatera Utara, Selasa (08/01/2013).

Seperti dilansir binjaikota.go.id, Walikota dalam sambutannya mengatakan, peralatan yang telah diberikan ini agar dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dijaga dan dirawat. Pemberian bantuan ini merupakan hibah dan gratis dari Pemko Binjai. Dengan harapan agar peralatan ini dapat memberikan kontribusi sekaligus membantu para pengusaha kecil untuk dapat bersaing, meningkatkan produksi, sekaligus meningkatkan pendapatan perkapita yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian Kota Binjai.

Walikota juga meminta para pengusaha UMKM tetap menjalin hubungan dengan Pemko Binjai khususnya pada Dinas Koperasi, UKM, dan Perindag untuk mendapatkan pembinaan dan bantuan. Segala keluhan dan hambatan dapat disampaikan kepada Pemko Binjai. Untuk melindungi usaha kecil Walikota tidak akan memberikan izin berdirinya toko penjualan seperti Indomaret yang sangat merugikan UMKM. Perlindungan ini memang telah diatur oleh undang-undang.

Perkembangan Kota Binjai akan pesat sejalan dengan dampak multiflier efek atas ditemukannya ladang minyak di Kabupaten Langkat dan sangat berdekatan dengan Kota Binjai  serta akan dibangunnnya jalan Tol Binjai-Medan tahun ini sehingga arus tranportasi akan cepat dilalui. Hal ini akan berdampak ekonomis, putaran perekonomian akan terjadi baik langsung maupun tidak langsung bagi Kota Binjai. Sebagai kota jasa dan retail Binjai akan berkembang dan pesat atas pengaruh minyak dan jalan tol. Ini harus dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat Kota Binjai. Pemko sedang dan akan membangun fasilitas perekonomian dengan membangun dan merehab pasar yang ada sehingga peningkatan perekonomian dapat terwujud.

Walikota berjanji akan membantu pelaku usaha kecil dan akan meningkatkan bantuan di masa akan datang. Komunikasi dan silaturrahim akan tetap dibangun sehingga tercapai sinerjisitas untuk pembangunan Kota Binjai.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Drs M Tulen MAP dalam laporannya mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bersumber dari APBD 2012. Adapun peralatan usaha ini diberikan kepada 2 kelompok usaha, 94 UMKM dengan bantuan berupa steling jualan 20 unit, mesin jahit 14 unit, mesin bordir 14 unit, mesin obras 2 unit, mesin penggulung benang 2 unit, alat tenun bukan mesin 2 unit, steling sepatu 14 unit, kompresor 13 unit, mesin sablon 1 unit seluruhnya 82 unit peralatan. (BS-001)