Senin, 16 Desember 2019

    Tinggal Beberapa Hari Lagi, Segera Daftar IPDN Online!

    Kamis, 08 Oktober 2015 02:27:00
    BAGIKAN:
    Istimewa
    Sekda Sumut Hasban Ritonga didampingi Asisten Kessos dan Kepala BKD berdialog dengan Rektor IPDN dalam rapat melalui video conference di Kantor Gubernur Sumut, Rabu (7/10/2015).
    Beritasumut.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Hasban Ritonga mengajak putra-putri Sumut untuk mendaftar menjadi calon Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) melalui sistem pendaftaran online.

    Menurut Hasban pendaftaran masuk IPDN melalui online akan memudahkan peserta di daerah serta meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat karena lebih transparan. Cara ini, katanya, bisa meningatkan kepercayaan masyarakat.

    Hal itu ia katakan usai melakukan rapat dengan Rektor IPDN Ermaya Suradinata melalui video conference, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (7/10/2015). Video conference ini, katanya, dilakukan dalam rangka membahas Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun 2015. 

    "Agendanya sosialisasi SPCP IPDN Tahun 2015 dan sosialisasi sistem aplikasi online SPCP IPDN Tahun 2015, serta sosialisasi anti korupsi dalam SPCP IPDN tahun yang sama," ujarnya didampingi Assisten II Ok Zulkarnain dan Kepala BKD Pandapotan Siregar.

    Pendaftaran ini mulai dilaksanakan pada 5-12 Oktober melalui website www.ipdn.ac.id atau ipdn.kemendagri.go.id. Pendaftaran calon Praja IPDN kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara.


    Sementara itu pada telekonfrens bersama Pemprov se Indonesia, Rektor IPDN Ermaya Suradinata menyampaikan sampai Kamis (7/10/2015) untuk seleksi tahun pertama sistem online penerimaan calon praja sudah mencapai lebih 7.000 peserta. Jumlah ini diyakini akan terus bertambah.

    "Sistem online ini semoga berjalan dengan baik. Berkaitan dengan penerimaan, kami sudah mengusulkan 1.697. Tetapi setelah berdiskusi dengan Menpan, BKN, ternyata pihak Menpan memberi kuota 900 untuk tahun ini," ucapnya sambil menyebutkan IPDN berdiri sejak 17 Maret 1956.

    Ia yang didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia La Ode Muhamad Salmar mengatakan untuk mengantsipasi jaringan online ini, pihaknya bekerja sama dengan badan intelijen,  badan sandi negara, Kominfo dan KPK. Untuk seleksi administrasi dilakukan pada 6-13 Oktober, pengumuman lulus hasil seleksi administrasi online pada 14 Oktober, persiapan pelaksanaan Test Kompetensi Dasar (TKD) pada 14-16 Okober, dan test lainnya yang sudah tertera di website.

    Adapun persyaratan utama yang harus dipenuhi calon pelamar adalah lulusan SMA/SMK dan sekolah menengah atas umum lainnya sederajat, usia pelamar per tanggal 1 Desember 2015 minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun, nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 dengan Tahun Kelulusan 2013, 2014, dan 2015.

    Selain itu, tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm, tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat, tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan, Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah/Puskesmas setempat, belum pernah menikah, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan, bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan, siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi maupun menjualbelikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak.

    "Pengumuman kelulusan seleksi IPDN Tahun 2015 tanggal 24 Nopember 2015 dan diumumkan melalui website SPCP IPDN. Persyaratan lainnya bisa dilihat juga di website," katanya. (BS-031)
    T#g:IPDN
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Sekjen Kemendagri Minta Inventarisir MoU Kampus IPDN, Jangan Hanya Seremonial Yang Tidak Bermanfaat

    Beritasumut.com-Sekjen Kemendagri yang juga Plt Rektor IPDN, Hadi Prabowo mendorong kemajuan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN). Menurutnya ad

  • 2 tahun lalu

    Gubsu Harapkan IPDN Jadi Pelopor Nawacita di Daerah

    Beritasumut.com-Mendagri menyerahkan sebanyak 87 orang PNS lulusan IPDN angkatan XXIII Tahun 2016 kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pempro

  • 3 tahun lalu

    Hasil Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan Bisa Dicek Melalui Official CAT BKN Dari HP

    Beritasumut.com-Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan akan berlangsung mulai 25 April sampai Juni 2017 mendatang. Guna memundahkan peser

  • 3 tahun lalu

    Presiden Jokowi Minta Pamong Praja Muda Berani Lakukan Terobosan

    Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para Pamong Praja Muda, bahwa mereka akan menghadapi tantangan tugas ke depan yang semak

  • 3 tahun lalu

    Presiden Jokowi Lantik 2.143 Pamong Praja dan Sosialisasi Tax Amnesty

    Beritasumut.com-Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran persnya Senin (08/08/2016) pagi mengemukaka

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.