Tak Dapat Formulir A5, Mahasiswa dan Warga Pendatang di Medan Ancam Golput


Tak Dapat Formulir A5, Mahasiswa dan Warga Pendatang di Medan Ancam Golput
Ilustrasi. (Google)
Medan, (beritasumut.com) Sehari menjelang Pemilihan Umum Legislatif 2014, kisruh persoalan pemilihan yang berhak menggun akan hak suaranya mesih saja terjadi.

Mahasiswa dan masyarakat yang bermukim di Medan mendatangi Kantor KPU Medan di Jalan Kejaksaan, Medan, Selasa (8/4/2014) siang.

Kedatangan mereka guna memprotes pihak KPU Medan yang menolak memberikan formulir A5 sebagai keterangan pindah untuk mencoblos dimana tempat mereka bermukim saat ini.

Akibat aksi protes ini, membuat suasana Kantor KPU Medan heboh sehingga membuat aktivitas jalan dan kantor tersebut terganggu.

Seperti dikatakan Maria Lita warga asal Jakarta Timur yang bermukim di Medan. Dirinya mengaku kecewa karena upaya untuk mendapatkan formulir A5 tidak membuahkan hasil.

Sementara pihak KPU Medan tidak dapat melayani mereka dan tidak dapat mengeluarkan formulir A5 tersebut.

"Tidak mungkin lagi ada waktu untuk mengurus surat pindah mengingat asal saya dari Jakarta dan biaya juga," katanya.

Hal senada dikatakan Kristanto Tarigan Mahasiswa MBP Amik asal Tanah Karo. Ia dan mahasiswa asal luar Medan lainnya juga terancam golput karena tuntutan mereka mereka untuk mendapatkan formulir A5 tidak berhasil.
 
Kekecewaan juga diutarakan Avi, pria asal Papua yang menetap di Medan. Ia mengaku harapannya untuk menggunakan hak pilih kandas setelah KPU tidak bisa mengeluarkan surat formulir A5 sebelum ia bisa menunjukkan surat pindah dari kampung halamannya di Papua.

Kesal karena tidak ada solusi dari KPU, mahasiswa dan masyarakat akhirnya meninggalkan Kantor KPU Medan sembari berteriak golput.

Menanggapi hal itu, Anggota KPU Medan Rahmat Kartolo Simanjuntak mengaku sudah tidak dapat memenuhi tuntutan mahasiswa dan warga pendatang tersebut.

Hal ini dikarenakan kesempatan bagi mahasiswa dan warga pendatang untuk mendapatkan Formulir A5 dibuka pada 3-30 Maret 2014 lalu.

Selama pendaftaran dibuka, pihak KPU Medan mengaku mengeluarkan sebanyak 1.037 formulir A5. (BS-031)

Tag: