Tahun Ini, Kelulusan Siswa Ditentukan Pihak Sekolah

admin admin
Tahun Ini, Kelulusan Siswa Ditentukan Pihak Sekolah
Kadis Pendidikan Madina Sahnan Pasaribu memberikan pengarahan. (M Saima Putra)
Beritasumut.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksanakan sosialisasi pelaksanaan UN di Gedung Serbag Guna, Panyabungan, Kamis (19/3/2015).

Kepala Dinas Pendidikan Madina Sahnan Pasaribu mengatakan sosialisasi ini untuk mengoptimalkan persiapan Dinas Pendidikan Madina mengahadapi UN Tahun Ajaran 2014-2015, mengingat pelaksanaan UN tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

"Ada beberapa poin perbedaan dalam pelaksanaan UN tahun ini," jelasnya.

Perbedaan tersebut, antara lain, kelulusan siswa pada tahun ini ditentukan mutlak oleh pihak sekolah. Hasil UN menentukan bagi siswa untuk memilih perguruan tinggi favorit.

Beberapa catatan menarik tentang UN 2015 diantaranya, UN bukan lagi penentu kelulusan. Kelulusan siswa dari satuan pendidikan ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan, UN dapat ditempuh beberapa kali untuk perbaikan dan penyesuaian terhadap standar.

Ditambahkannya, siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai atau berkelakuan baik selama menjalani pendidikan, serta lulus ujian sekolah/madrasah/pendidikan keahlian. (BS-026)