Jumat, 21 Februari 2020

    Baperjakat Godok Pergantian

    Sejumlah Pimpinan SKPD dan Camat Bakal Tergusur

    Kamis, 15 Agustus 2013 21:10:00
    BAGIKAN:
    Google

    Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin S dalam waktu dekat kabarnya akan melakukan mutasi besar-besaran pejabat Eselon II dan III Pemko Medan. Proses pergantian sedang digodok Tim  Baperjakat. Sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat  Daerah (SKPD) dan Camat akan mengisi pos baru.

    Tak mengherankan kabar  ini membuat para pejabat mulai dari Kadis, Asisten, Staf Ahli, Kaban, Kabag,  Kabid termasuk Camat di jajajan Pemko Medan ketar-ketir. Mereka mulai sibuk dan kasak-kusuk melakukan lobi-lobi untuk “menyelematkan” posisi agar tidak digusur.

    Pergantian pejabat Pemko Medan secara besar-besaran ini menimbulkan spekulasi dan rumor tak sedap menyusul penetapan putusan kasus mantan Sekda Tapsel yang juga Walikota Medan Nonaktif Rahudman Harahap oleh Pengadilan Tipikor Medan, hari ini, Rabu (15/8/2013).  Namun dipastikan pergantian para pejabat tersebut sudah diskenariokan jauh hari sebelumnya menyusul hasil kinerja mereka yang selama ini dianggap jeblok dan tidak mendongkrak Pendapatan Asli daerah (PAD) Pemko Medan.

    Infomasi yang berhasil dihimpun wartawan dari sejumlah sumber, pejabat eselon II yang diperkirakan bakal copot jabatannya diantaranya, Kadis TRTB Sampurno Pohan yang sampai saat ini gagal mencapai target PAD akibat banyaknya bangunan bermasalah yang tidak ditertibkan. Kadis Perkim Gunawan Surya Lubis yang dianggap gagal dalam pembangunan jalan setapak, rehab gedung perkantoran dan sekolah-sekolah. Kadis Pertamanan Zulkifli Sitepu dinilai kurang becus mengurus lampu jalan yang banyak mati dan taman-taman di Medan yang jorok dan semrawut serta banyaknya jumlah penunggak pajak reklame.

    Selanjutnya, Kadis Bina Marga Khairul Sahnan Harahap juga dianggap gagal karena banyak jalan di Medan kupak-kapik. Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Muslim Harahap, pengurus akte kelahiran sampai saat ini juga belum beres. Kaban LH Arief Tri Nugroho kinerjanya juga melempem akibat banyaknya hotel-hotel di Medan Amdal dan IPAL bermasalah, salah satunya Rumah Sakit Murni Teguh dan Mal Center Point, Jalan Jawa. Kadis Sosnaker Syarif Armansyah Lubis termasuk Kinerjanya “loyo” karena banyaknya perusahaan buruh yang tidak tuntas, termasuk persoalan gepeng di Medan.

    Kadis Kebersihan Pardamean Siregar juga dianggap “mati suri”, sebab banyaknya sampah berserakan di Medan dan tidak mampu mengelola bank sampah, sehingga Medan gagal memperoleh Adipura Kencana 2013. Kadis Pendidikan Parluhutan Hasibuan, Kadis Koperasi dan UKM Tunggar Harahap, Kadisperindag Syahrizal Arif, Kadis Kesehatan Usma Polita Nasution, Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Pulungan Harahap, Kepala BKD Affan Siregar, Kaban Kesbangpol dan Linmas Cekho Wahda Ritonga dan  Kasatpol PP M Sofyan juga dianggap gagal. Sedangkan Inspektur Farid Wajedi dianggap “lebay” lantaran banyak hasil pemeriksaan para pejabat tidak ditindaklanjuti dengan sanksi.

    Tak hanya itu, juga para asisten, antara lain, Asisten Kessos Erwin Lubis dan Asisten Pemerintahan masuk dalam daftar mutasi. Menyusul  para Kabag  yang juga jadi “sararan tembak” misalnya, Kabag Umum Fakhruddin Harahap, Kabag Agama dan Pendidikan, Kabag Perekonomian dan Kabag Sosial serta para camat diantaranya, Camat Medan  Kota, Camat Medan Sunggal, Camat Medan Selayang, Camat Medan Tuntungan, Camat Medan Amplas, Camat Medan Area, Camat Medan Petisah dan Camat Medan Denai,  Camat Medan Barat dan Camat Medan Johor.

    Sementara Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bursal Manan yang pensiun bulan ini dikabarkan akan diperpanjang masa jabatannya  lantaran kedekatannya dengan pejabat teras Pemko Medan. Padahal,  kinerja Kadisbudpar termasuk dalam kategori buruk. Bahkan sejumlah program dan kegiatan Disbudpar termasuk Chrismast Season Tahun 2012  temuan BPK dan pejabat yang bersangkutan pernah diperiksa kejaksaan.

    Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin ketika dicegat wartawan di Balaikota soal mutasi pejabat tersebut tidak menjawab dan hanya senyum-senyum. “Sejauh ini belum ada,”jawabnya sembari tersenyum

    Sedangkan Ketua Baperjakat yang juga Sekda Medan Syaiful Bahri Lubis ketika dikonfirmasi wartawan di Balaikota, Selasa (14/8/2013) tak berada di tempat. Menurut stafnya Sekda Medan masih belebaran di kampung halaman. “Bapak masih Lebaran, belum masuk. Hari Jumat ini baru aktif,” kata Ajudan Sekda.

    Sedangkan Kabag Humas Budi Hariyono menyatakan tidak tahu bakal ada mutasi. ”Ah, saya gak tahu ada mutasi,” kata Budi. (BS-001)
    T#g:
      komentar Pembaca
      Berita Terkait
  • 4 tahun lalu

    Konflik di Hermes, Pemko Medan Perlu diajak Bicara

    Beritasumut.com-Tim Pembela Masjid Taqwa Polonia Aliansi Ummat Islam memandang persoalan keributan yang terjadi beberapa hari yang lalu adalah ekses p

  • 4 tahun lalu

    Granat Kota Medan Dukung Pemko dan DPRD Tambah Anggaran Kepolisian

    Beritasumut.com-Granat Kota Medan mendukung Pemko Medan dan DPRD Medan menambah anggaran Kepolisian khususnya dalam rangka pemberantasan narkoba. Hal

  • 4 tahun lalu

    Kaiman Turnip Benarkan Adanya Surat Teguran Gubsu untuk Bupati Simalungun

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Kaiman Turnip mengatakan surat teguran kep

  • 4 tahun lalu

    Pejabat Mutasi di Simalungun, Gubsu Surati KASN dan Tegur JR Saragih

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Tengku Erry Nuradi mengeluarkan surat teguran kepada Bupati Simalungun, JR Saragih sebab memut

  • 4 tahun lalu

    Pemprov Sumut Layangkan Surat Edaran Larangan Mutasi Guru

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) telah melayangkan surat edaran berupa larangan mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN)

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.