Sejumlah Fraksi DPRD Medan Protes PDI Perjuangan


Sejumlah Fraksi DPRD Medan Protes PDI Perjuangan
Ilustrasi. (Google)
Medan, (beritasumut.com) – Belum dikirimnya surat pendefinitifan Pimpinan DPRD Kota Medan dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, membuat resah sejumlah fraksi di DPRD Medan.

Mereka menilai keterlambatan ini mengakibatkan tertundanya sejumlah agenda penting termasuk menindaklanjuti aduan masyarakat yang sudah memenuhi meja fraksi.

“Kita mendesak agar pendefinitifan sesegera mungkin agar kinerja dewan tidak terganggu dan jalan di tempat,” jelas Ketua Fraksi Golongan Karya (Golkar) DPRD Medan Ilhamsyah didampingi Sekretaris Golkar Adlin Umar Yusri Tambunan di Gedung DPRD Medan, Jalan Maulana Lubis, Medan, Kamis (2/10/2014).

Ilham mengatakan hingga hari ini tinggal dari PDI Perjuangan yang belum mengirimkan surat pendefinitifan pimpinan DPRD.

“Dari informasi yang diperoleh, tinggal PDI Perjuangan yang belum mengirimkan suratnya,” jelasnya seraya mengharapkan agar PDIP segera menyampaikan surat definitifnya.

Sementara itu terkait dengan lambatnya pendefinitifan pimpinan DPRD oleh karena menunggu surat dari PDI Perjuangan, Ketua Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura) Landen Marbun mengatakan bahwa sejumlah fraksi mengusulkan kepada pimpinan DPRD sementara untuk menyurati partai yang bersangkutan.

“Kita sudah sepakat meminta Pimpinan DPRD untuk segara menyurati PDI Perjuangan terkait belum dikirimnya surat pendefinitifan,” jelas Landen.

Diterangkan Landen, soal surat pendefinitifan, sejumlah fraksi menginginkan ada kepastian dari PDI Perjuangan, kapan surat itu akan disampaikan.

”Tentunya kita butuh kepastian, ada waktu yang jelas kapan suratnya disampaikan. Jangan sampai persoalan di DPRD terus terkatung-katung dan agenda di DPRD menjadi terbengkalai,” jelasnya.

Berbicara kepada wartawan, Politisi Dapil V ini mengemukakan, sejak awal seluruh fraksi sudah sepakat pembentukan Pimpinan DPRD sesuai dengan urutan pemenang pemilu, hanya saja dalam prosesnya tidak diperlambat.

“Kita tidak mempermasalahkan mekanisme pimpinan DPRD sesuai dengan hasil pemenang pemilu, hanya saja kita tidak ingin prosesnya menjadi terlambat sehingga mengganggu kinerja dewan,” jelas Landen yang diamini ketua fraksi lainnya yakni Ketua Fraksi Gerindra Surianto dan Ketua Fraksi Golkar Ilhamsyah.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Parlaungan Simangunsong menyayangkan terlambatnya pengiriman surat pendefinitifan Pimpinan DPRD oleh PDI Perjuangan.

“Harapan kita ini segera ditindaklanjuti sebab banyak permasalahan yang harus dituntaskan,” jelas Parlaungan.

Saat ini di fraksinya kata Parlaungan, sejumlah laporan dari masyarakat sudah menumpuk.

“Kita tidak ingin meengecewakan masyarakat, untuk itulah kita mengharapkan surat pendefinitifan segera disampaikan,” jelas Parlaungan seraya mengatakan kalau pihaknya tidak bermaksud mencampuri internal PDI Perjuangan. (BS-001)

Tag:Fraksi