Ramadhan Pohan Prihatin Sekolah Rusak di Medan

Ramadhan Pohan Prihatin Sekolah Rusak di Medan
Istimewa
Ramadhan Pohan meninjau sekolah rusak.
Beritasumut.com - Walau Medan adalah kota metropolitan dan kota terbesar nomor tiga di Indonesia, ternyata masih ada sekolah yang kondisinya memprihatinkan.

Sebagai contoh, Sekolah Dasar (SD) Negeri Nomor 066042 dan 066041 di Jalan Kamboja Raya, Kecamatan Medan Helvetia. SDN 066042 rusak parah sehingga tidak bisa digunakan untuk proses belajar.

Alahasil siswa yang awalnya belajar di SDN 066042 kemudian beralih ke SDN 066041. Meski hanya memiliki enam ruangan kelas, proses belajar tetap berlangsung di SDN 066041.

Dengan keterbatasan itu, proses belajar terhambat. Infrastruktur di SDN 066041 juga jauh dari kata bagus. Sehingga minat warga untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah itu sedikit.

Dalam satu kelas, hanya diisi dengan sekira 10 siswa. Akibat jumlah lokal yang sedikit mengharuskan siswa bergantian menggunakan ruangan kelas.

Kondisi sekolah ini membuat Ramadhan Pohan tergerak untuk melihat kondisi sekolah. Ramadhan yang merupakan calon Wali Kota Medan nomor urut 2, meninjau langsung agar nanti jika menjabat Wali Kota Medan, segera diperbaiki.

Ramadhan tidak sendiri datang ke sekolah itu. Bersama Anggota DPRD Medan Fraksi Gerindra Dame Duma Sari Hutagalung, mereka melihat apa saja yang perlu dibenahi.

"Informasi dari guru sekolah. Tujuh tahun dua sekolah ini tidak diperbaiki. Mereka sudah meminta ke Pemko Medan untuk memperbaiki tapi sampai sekarang tidak terealisasi," ujar Duma, di area SDN 066041, Kamis (8/10/2015).

Menurutnya, infrastruktur sekolah yang buruk membuat orang tua enggan memasukan anaknya ke sekolah tersebut.

"Bahkan dari jam 3 sore, ruang sekolah yang rusak dijadikan tempat bolos sekolah siswa dari luar SD Negeri ini. Harusnya pemko itu peduli kepada sekolah yang rusak," pungkas Duma.

Sementara, Ramadhan mengaku heran kenapa di Medan masih ada sekolah rusak. Padahal, aset Pemko Medan harus dijaga dan jangan sampai rusak.

"Kita sebagai orang tua prihatinlah melihat kondisi sekolah yang seperti ini. Guru dan orang tua murid sudah menyurati Pemko Medan, tolong tanggapi. Sekolah ini harus segera diperbaiki karena ini menyangkut mutu pendidikan di Kota Medan. Anak-anak ini adalah aset bangsa," pungkas Ramadhan. (BS-001)