Polres dan Pemko Sibolga Lakukan Sosialiasi Maraknya Isu Begu Ganjang


Polres dan Pemko Sibolga Lakukan Sosialiasi Maraknya Isu Begu Ganjang
Beritasumut.com/Ist
Polres Sibolga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sibolga, melaksanakan sosialisasi tentang 

Beritasumut.com-Mengantisipasi maraknya isu Begu Ganjang yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Kota Sibolga yang erat hubungannya dengan pola pikir masyarakat, Polres Sibolga bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sibolga, melaksanakan sosialisasi tentang maraknya isu begu ganjang (santet) serta penyalahgunaan narkoba, pencurian dan pembakaran hutan di wilayah hukum Polres Sibolga yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM di Aula Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga, Jumat (15/07/2016).

“Kegiatan ini terlaksana untuk memberikan penjelasan kepada stakeholder atau pemangku kepentingan di wilayah Kota Sibolga. Selanjutnya kepada para pemuka agama yang ada untuk memberikan pemahaman bahwa 'Begu Ganjang' atau yang lainnya sudah tidak jamannya lagi di era modern seperti ini,” ujar Wakapolres Sibolga Kompol Epianton SH mewakili Kapolresta Sibolga.

Sementara itu, Syarfi Hutauruk dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, Kota Sibolga, kota yang sangat dinamis dihuni oleh berbagai macam etnis yang erat rasa kebersamaan dan kekeluargaan, sehingga ketentraman dan kenyamanan harus tetap terjaga.”Kita sangat menyayangkan kejadian beberapa waktu yang lalu hingga melakukan pengrusakan rumah akibat adanya isu 'Begu Ganjang' tersebut,” ucap Walikota dilansir dari laman resmi sibolgakota.go.id.

Dijelaskannya, Kota Sibolga merupakan Kota Berbilang Kaum, sampai saat ini belum pernah tercabik oleh isu yang berbau Sara. Kondisi ini akan terus terpelihara apabila pemuka agama mengoptimalkan perannya sebagai penyampai firman-firman Tuhan terlaksana dengan baik.

"Saya meminta kepada forum komunikasi umat beragama (FKUB) Kota Sibolga, agar benar-benar menjadikan wadah ini sebagai media menyampaikan pesan moral agama dalam upaya memecahkan masalah yang dapat mengganggu terciptanya kerukunan umat beragama di Kota Sibolga," pinta Walikota.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Walikota Edi Polo Sitanggang, Drs Nurdiswar Jambak dari pemuka agama Islam, Pdt Op Sunggu dari agama Kristen, Ketua FKUB Kota Sibolga Sarmadan Daulay, KBO Reskrim Polres Sibolga Iptu B Sembiring SH KBO, Sat Narkoba Polres Kota Sibolga A Ginting.(BS02)


Tag: